Abstract:
Pendidikan Ekonomi. FKIP, Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2017
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang
positif dan signifikan dari teknologi, pegawai, proses, serta pengetahuan dan
pemahaman baik secara parsial maupun secara bersama-sama terhadap loyalitas
pada nasabah Bank Jawa Tengah, Purworejo.
Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah semua nasabah Bank
Jawa Tengah yang berdomisili di wilayah Purworejo. Jumlah sampel yang
digunakan sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik purposive
sampling. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah
kuesioner yang sebelumnya telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat
validitas dan reliabilitas. Sedangkan, untuk menguji hipotesis menggunakan
analisis regresi linier berganda.
Hasil uji hipotesis secara parsial, menunjukkan bahwa 1) nilai koefisien
regresi: teknologi (X
) sebesar 0,148 dengan nilai signifikansi sebesar 0,040;
pegawai (X
2
1
) sebesar 0,319 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000; proses (X
)
sebesar 0,214 dengan nilai signifikansi sebesar 0,044; serta pengetahuan dan
pemahaman (X
) sebesar 0,231 dengan nilai signifikansi sebesar 0,029. Hal ini
berarti, teknologi (X
4
1
), pegawai (X
2
), proses (X
), serta pengetahuan dan
pemahaman (X
4
3
) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap
loyalitas (Y); 2) nilai F sebesar 82,453 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000.
Hal ini berarti teknologi (X
1
), pegawai (X
2
), proses (X
), pengetahuan dan
pemahaman (X
4
3
) secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan
terhadap loyalitas (Y). Berdasarkan hasil tersebut, seluruh hipotesis yang diajukan
pada penelitian ini terbukti dan dapat diterima. Besarnya pengaruh teknologi (X
),
pegawai (X
2
), proses (X
3
), pengetahuan dan pemahaman (X
) secara bersamasama
terhadap loyalitas (Y) sebesar 76,70%, sisanya sebesar 23,30% dipengaruhi
oleh faktor lain yang tidak dibahas pada penelitian ini.
4
3
1