Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang
positif dan signifikan antara kemandirian dan motivasi terhadap prestasi belajar
mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Purworejo, baik secara
sendiri-sendiri maupun bersama-sama.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4
Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 130 siswa. Sampel
penelitian ini berjumlah 95 siswa, ditentukan berdasarkan tabel Krejcie dengan
taraf kesalahan 5%. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan random
sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dan analisis dokumen. Dan
analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kemandirian belajar berada
pada kategori tinggi yaitu 53,68%, motivasi belajar pada kategori cukup yaitu
63,15%, dan prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS pada kategori cukup
yaitu 90,52%. Dan hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa (1) variabel
kemandirian belajar memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap
prestasi belajar ekonomi sebesar 24,00% (r
x1y
= 0,490; t
5,384;sig. <0,05, (2)
variabel motivasi belajar memberikan pengaruh yang positif dan signifikan
terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 05,10% (r
hitung
x2y
= 0,227; t
2,236;
sig.<0,05, (3) variabel kemandirian dan motivasi belajar secara bersama-sama
memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar
ekonomi, (R) sebesar 0,935 (F = 320,900; sig. <0,05) dan (R)
2
sebesar 0,874 yang
berarti bahwa pengaruh kemandirian dan motivasi belajar secara bersama-sama
terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 87,40% dan sisanya 12,60%
dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti.
hitung