Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh Kemandirian dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Purworejo

Show simple item record

dc.contributor.author Chofsoh, Siti
dc.date.accessioned 2018-02-01T09:07:00Z
dc.date.available 2018-02-01T09:07:00Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/951
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara kemandirian dan motivasi terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Purworejo, baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 130 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 95 siswa, ditentukan berdasarkan tabel Krejcie dengan taraf kesalahan 5%. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dan analisis dokumen. Dan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kemandirian belajar berada pada kategori tinggi yaitu 53,68%, motivasi belajar pada kategori cukup yaitu 63,15%, dan prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS pada kategori cukup yaitu 90,52%. Dan hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa (1) variabel kemandirian belajar memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 24,00% (r x1y = 0,490; t 5,384;sig. <0,05, (2) variabel motivasi belajar memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 05,10% (r hitung x2y = 0,227; t 2,236; sig.<0,05, (3) variabel kemandirian dan motivasi belajar secara bersama-sama memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi, (R) sebesar 0,935 (F = 320,900; sig. <0,05) dan (R) 2 sebesar 0,874 yang berarti bahwa pengaruh kemandirian dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 87,40% dan sisanya 12,60% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. hitung en_US
dc.subject kemandirian, motivasi, prestasi belajar en_US
dc.title Pengaruh Kemandirian dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Purworejo en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account