Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknyapengaruh yang
positif dan signifikan disiplin belajar terhadap prestasi belajar pada mata
pelajaran IPS (2) ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan
lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS (3)
ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dan
lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar pada mata
pelajaran IPS.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII, A,B,C SMP
Negeri 26 Purworejo dengan jumlah 92. Sampel dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VIII A,B,C berjumlah siswa 75 Teknik pengambilan sampel
yang digunakan adalah quoterandom sampling dengan menggunakan nilai
ulangan akhir semester pertama. Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan metode angket dan pengujian menggunakan rumus koreasi
ganda dan regresi linear ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) disiplin belajar berpengaruh
positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS
sebesar30,40 %(r
xy=
0,408 , sig0,00 <0,005 , t= 3,796).(2) Lingkungan belajar
berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar sebesar 38,10%
(r
xy=
0,520 , sig 0,00<0,005 , t = 5,164). (3) Ada pengaruh yang positif dan
signifikan antara disiplin belajar dan lingkungan belajar secara simultan
terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial sebesar 51,50% (r
xy
0,718
sig = 0,00 < 0,005 F = 38,82).Nilai R
2
=0,515. Artinya varian yang terjadi
pada variabel disiplin belajar dan lingkungan belajar51,50 % ditentukan oleh
varian yang terjadi pada variabel prestasi belajar. Dan sisanya 48,50%
ditentukan oleh faktor yang belum diteliti.
Persamaan regresinya adalah Y=54,643+0,304X
1
+0,381X
2
.