Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh Disiplin Belajar dan lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 26 Purworejo Tahun 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Wijiyanto, Dedi
dc.date.accessioned 2018-02-01T09:12:15Z
dc.date.available 2018-02-01T09:12:15Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/953
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknyapengaruh yang positif dan signifikan disiplin belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPS (2) ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS (3) ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII, A,B,C SMP Negeri 26 Purworejo dengan jumlah 92. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A,B,C berjumlah siswa 75 Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah quoterandom sampling dengan menggunakan nilai ulangan akhir semester pertama. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan pengujian menggunakan rumus koreasi ganda dan regresi linear ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS sebesar30,40 %(r xy= 0,408 , sig0,00 <0,005 , t= 3,796).(2) Lingkungan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar sebesar 38,10% (r xy= 0,520 , sig 0,00<0,005 , t = 5,164). (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dan lingkungan belajar secara simultan terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial sebesar 51,50% (r xy 0,718 sig = 0,00 < 0,005 F = 38,82).Nilai R 2 =0,515. Artinya varian yang terjadi pada variabel disiplin belajar dan lingkungan belajar51,50 % ditentukan oleh varian yang terjadi pada variabel prestasi belajar. Dan sisanya 48,50% ditentukan oleh faktor yang belum diteliti. Persamaan regresinya adalah Y=54,643+0,304X 1 +0,381X 2 . en_US
dc.publisher Pendidikan Ekonomi-FKIP en_US
dc.subject Disiplin belajar, Lingkungan belajar, prestasi belajar en_US
dc.title Pengaruh Disiplin Belajar dan lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 26 Purworejo Tahun 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account