Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Keterampilan Menulis pada Pembelajaran Tembang Macapat Menggunakan Metode Contextual Teaching and Learning (CTL) Melalui Media Gambar Siswa Kelas XI MAN Kutowinangun Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Wahyuningsih, Nur Adha
dc.date.accessioned 2018-02-02T02:39:30Z
dc.date.available 2018-02-02T02:39:30Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/956
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan. (1) langkah-langkah pembelajaran menulis syair tembang macapat menggunakan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui media gambar siswa kelas XI MAN Kutowinangun Tahun Pelajaran 2016/ 2017; (2) peningkatan keterampilan menulis syair tembang macapat siswa kelas XI MAN Kutowinangun Tahun Pelajaran 2016/ 2017, menggunakan metode Contextual Teaching and Learning melalui media gambar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 MAN Kutowinangun yang berjumlah 30 siswa. Objek penelitian adalah keterampilan menulis syair tembang macapat dengan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui media gambar. Penelitian ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu kegiatan prasiklus, siklus I, dan siklus II. Masing-masing siklus mengacu pada prosedur penelitian yaitu rencana (planing), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflection). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Teknik tes yang digunakan yaitu hasil menulis syair tembang macapat gambuh. Sedangkan, teknik nontes terdiri dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis data pada pembelajaran menulis syair tembang macapat yaitu (1) langkah-langkah pembelajaran menulis syair tembang macapat terdiri dari tiga kegiatan yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Setiap siklus terdiri atas rencana, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pelaksanaan tindakan dalam siklus I menggunakan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui media gambar dengan tema “Budi Pakarti.” Pelaksanaan tindakan dalam siklus II menggunakan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui media gambar dengan tema “Gotong Royong.” (2) Hasil nilai dari keterampilan menulis syair tembang macapat pada prasiklus sebesar 69,00, rata-rata siklus I sebesar 75,83, dan rata-rata pada siklus II mencapai 81,00. Peningkatan keterampilan menulis syair tembang macapat pada prasiklus ke siklus I adalah 6,83. Dari siklus I ke siklus II sebesar 5,17. Adapun pada prasiklus ke siklus II adalah 12,00. Pada kategori ketuntasan nilai pada kegiatan prasiklus 20%, pada siklus I 67%, sedangkan pada siklus II menjadi 100%. Hal tersebut menunjukkan bahwa melalui metode contextual teaching and learning dan media gambar dapat meningkatkan kemampuan siswa dan hasil belajar dalam pembelajaran menulis syair tembang macapat. en_US
dc.publisher PBSJ-FKIP en_US
dc.subject menulis, tembang macapat, Contextual Teaching and Learning, media gambar en_US
dc.title Peningkatan Keterampilan Menulis pada Pembelajaran Tembang Macapat Menggunakan Metode Contextual Teaching and Learning (CTL) Melalui Media Gambar Siswa Kelas XI MAN Kutowinangun Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account