Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) wujud alih kode dalam karangan pengalaman pribadi siswa kelas VII SMP N 31 Purworejo tahun 2016/2017 dan (2) wujud campur kode dalam karangan pengalaman pribadi siswa kelas VII SMP N 31 P urworejo tahun 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan sumber data berupakarangan pengalaman pribadi siswa kelas VII SMP N 31 Purworejo tahun 2016/2017. Data dalam penelitian ini yaitu alih kode dan campur kode dalam karangan pengalaman pribadi siswa kelas VII SMP N 31 Purworejo tahun 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 190 siswa. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dengan teknik dokumentasi, teknik simak dan teknik catat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama, dengan menggunakan alat-alat tulis, tabel-tabel dan kartu data. Teknik keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik pengujian kredibilitas data. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode padan dan metode agih. Teknik penyajian hasil analisis data menggunakan teknik informal. Hasil dari penelitian ini adalah: (a) alih kode yang ditemukan dalam karangan pengalaman pribadi siswa kelas VII SMP N 31 Purworejo sebanyak 7 data meliputi 5 data alih kode dari bahasa Jawa ke bahasa Indonesia dan 3 data alih kode bahasa Jawa ke bahasa Asing (bahasa Inggris dan bahasa Arab), (b) campur kode dalam karangan pengalaman pribadi siswa kelas VIISMP N 31 Purworejo berjumlah 206 campur kode yang terdiri dari (1) campur kode kata sebanyak 132data, (2) campur kode frasa sebanyak 35 data, (3) campur kode klausa sebanyak 3 data, (4) campur kode reduplikasi sebanyak 20 data, (5) campur kode idiom/ungkapan sebanyak 1 data dan (6) campur kode baster sebanyak 15 data.