Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Pengembangan Lembar Kerja
Siswa (LKS) bahasa Jawa bermuatan kearifan lokal untuk siswa kelas XI SMA di
kabupaten Kebumen, dan (2) mengetahui Efektivitas Lembar Kerja Siswa (LKS)
bahasa Jawa bermuatan kearifan lokal untuk siswa kelas XI SMA di kabupaten
Kebumen.
Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan
(R&D) dengan model pengembangan diadaptasi dari Borg & Gall melalui sepuluh
tahapan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi
desain, uji coba pemakaian, revisi produk, uji coba produk, revisi desain, revisi
produk, sampai diperoleh produksi akhir berupa LKS dengan pendekatan
saintifik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi,
dokumentasi, wawancara, dan angket, Instrument penelitian ini disajikan dalam
bentuk tabel, pedoman observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket, Teknik
analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan hasil data rata-rata nilai postes kelas kontrol 74,8 dan postes
kelas eksperimen 76,5, keduanya berkategori baik. Nilai rata-rata dari pretes kelas
kontrol 62,1 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol 74,8. Hal ini meningkatkan
skor 12,7. Selain itu, nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 56,6 dan nilai
postes kelas eksperimen adalah 76,5. Hal ini meningkatkan skor 19,9. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan LKS dalam pelajaran Bahasa
Jawa lebih efektif daripada tanpa menggunakan LKS terbukti dari analisis data
dari data yang berbeda.