Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan model kooperatif
tipe group investigation dalam pembelajaran sesorah pada siswa kelas IX A SMP Negeri
28 Purworejo, (2) peningkatan hasil belajar siswa kelas IX A SMP Negeri 28 Purworejo
dalam pembelajaran sesorah.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas IX A SMP N 28 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 31 siswa.
Objek penelitian ini adalah sesorah. Siklus 1 dan 2 terdiri dari perencanaan, pelaksanaan,
observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, angket
(kuesioner) dan dokumentasi. Dalam analisis data, digunakan teknik kualitatif dan
kuantitatif. Untuk mengecek keabsahan data, digunakan teknik validitas isi dan
menggunakan reliabilitas antar ater.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat diperoleh hasil bahwa (1) ) penerapan model
kooperatif tipe group investigation dalam pembelajaran sesorah pada siswa kelas IX A
SMP Negeri 28 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017 dilakukan dalam enam tahap,
yaitu (a) guru menyampaikan materi tentang sesorah, (b) guru menjelaskan langkahlangkah
sesorah, (c) guru menayangkan video sesorah, (d) guru menjelaskan penerapan
model group investigation dalam pembelajaran sesorah, (e) guru memberikan tugas
sesorah kepada siswa, (2) peningkatan hasil belajar siswa kelas IX A SMP Negeri 28
Purworejo tahun pelajaran 2016/2017 dalam pembelajaran sesorah dapat dilihat dari hasil
sesorah. Pada prasiklus rata-rata nilai siswa 65.38, sedangkan pada siklus 1 rata-rata nilai
siswa 71.00, dan pada siklus 2 rata-rata siswa mencapai 76.90. Berdasarkan hasil tersebut
dapat disimpulkan bahwa, model group investigation dapat meningkatkan kemampuan
sesorah siswa di kelas IX A SMP N 28 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017.