Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Kemampuan Sesorah dengan Model Kooperatif Tipe Group Investigation pada Siswa Kelas IX A SMP Negeri 28 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Wulandari, Lutfi
dc.date.accessioned 2018-02-02T03:07:12Z
dc.date.available 2018-02-02T03:07:12Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/962
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan model kooperatif tipe group investigation dalam pembelajaran sesorah pada siswa kelas IX A SMP Negeri 28 Purworejo, (2) peningkatan hasil belajar siswa kelas IX A SMP Negeri 28 Purworejo dalam pembelajaran sesorah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX A SMP N 28 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 31 siswa. Objek penelitian ini adalah sesorah. Siklus 1 dan 2 terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, angket (kuesioner) dan dokumentasi. Dalam analisis data, digunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Untuk mengecek keabsahan data, digunakan teknik validitas isi dan menggunakan reliabilitas antar ater. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diperoleh hasil bahwa (1) ) penerapan model kooperatif tipe group investigation dalam pembelajaran sesorah pada siswa kelas IX A SMP Negeri 28 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017 dilakukan dalam enam tahap, yaitu (a) guru menyampaikan materi tentang sesorah, (b) guru menjelaskan langkahlangkah sesorah, (c) guru menayangkan video sesorah, (d) guru menjelaskan penerapan model group investigation dalam pembelajaran sesorah, (e) guru memberikan tugas sesorah kepada siswa, (2) peningkatan hasil belajar siswa kelas IX A SMP Negeri 28 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017 dalam pembelajaran sesorah dapat dilihat dari hasil sesorah. Pada prasiklus rata-rata nilai siswa 65.38, sedangkan pada siklus 1 rata-rata nilai siswa 71.00, dan pada siklus 2 rata-rata siswa mencapai 76.90. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa, model group investigation dapat meningkatkan kemampuan sesorah siswa di kelas IX A SMP N 28 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017. en_US
dc.publisher PBSJ-FKIP en_US
dc.subject sesorah, group investigation, kelas IX A en_US
dc.title Peningkatan Kemampuan Sesorah dengan Model Kooperatif Tipe Group Investigation pada Siswa Kelas IX A SMP Negeri 28 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account