Abstract:
Penelitian ini bertujuan yaitu (1) mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran menulis aksara Jawa kelas XI TKR 4 SMK Negeri 2 Kebumen dengan metode Cycle Learning; dan (2) mengetahui peningkatan keterampilan siswa kelas XI TKR 4 SMK Negeri 2 Kebumen dalam pembelajaran menulis aksara Jawa dengan metode Cycle Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR 4 dan guru SMK Negeri 2 Kebumen. Jumlah siswa 36. Data penelitian ini adalah hasil tes kemampuan menulis aksara Jawa dan langkah-langkah menulis aksara Jawa dengan metode Cycle Learning. Dari penelitian tersebut terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pedoman pengamatan, wawancara, penugasan, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah soal tes, lembar observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan data dari hasil penelitian, (1) langkah-langkah pembelajaran menulis aksara Jawa dengan metode Cycle ada lima tahapan yaitu Tahap Engagement ( Undangan), Tahap Eksploration ( Eksplorasi), Tahap Eksplanation (Penjelasan), Tahap Elaboration (Pengembangan), dan Tahap Evaluation (Evaluasi). (2) dapat diketahui bahwa metode Cycle Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa siswa. Aspek yang dinilai dari menulis aksara Jawa tersebut yaitu ketepatan menulis aksara Jawa, ketepatan menulis sandhangan, ketepatan menulis pasangan, dan kerapian menulis aksara Jawa. Meningkatnya hasil keterampilan menulis aksara Jawa siswa, dapat diketahui pada tes prasiklus dengan nilai rata-rata 67,36 dan persentase ketuntasan 36, 11%. Rata-rata tersebut belum mencukupi KKM. Dalam siklus I, diperoleh nilai rata-rata 73,39, dengan persentase ketuntasan 63,89%. Hasil kegiatan dalam siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 79,19, dengan persentase 88,89% dan sudah memenuhi KKM. Berdasarkan hasil tersebut, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, penerapan metode Cycle Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis akara Jawa siswa kelas XI TKR 4 SMK Negeri 2 Kebumen tahun ajaran 206/2017.