Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) mendeskripsikan
struktur karya sastra novel Prau Gethek Nyabrang Jaladri Karya Ir. H.
Soekirman; (2) mendeskripsikan aspek sosilogi sastra yang terdapat dalam
novel Prau Gethek Nyabrang Jaladri Karya Ir. H. Soekirman; (3)
mendeskripsikan nilai pendidikan dan kemungkinannya pembelajaran sastra
pada novel Prau Gethek Nyabrang Jaladri Karya Ir. H. Soekirman di SMA
kelas XI.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek
penelitian ini adalah Novel Prau Gethek Nyabrang Jaladri karya Ir. H.
Soekirman. Objek penelitian ini adalah struktur, aspek-aspek sosiologi sastra,
dan nilai pendidikan yang ada dalam Novel Prau Gethek Nyabrang Jaladri
karya Ir. H. Soekirman. Teknik pengumpulan data digunakan teknik simak
dan teknik catat. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti itu
sendiri, sedangkan instrumen penunjangnya dalam penelitian ini adalah bukubuku
yang berkaitan dengan struktur karya sastra, sosiologi sastra, berbagai
buku tentang penelitian, kertas catat, alat tulis, dan lain-lain. Teknik analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode
analisis konten. Teknik penyajian data penulis, menggunakan teknik informal.
Berdasarkan hasil analisis data, terdapat (1) Unsur intrinsik tokoh novel
Prau Gethek Nyabrang Jaladri karya Ir. H. Soekirman meliputi tema, alur,
latar/setting, dan tokoh/penokohan. Tokoh Soekirman adalah tokoh utama
dalam novel Prau Gethek Nyabrang Jaladri karya Ir. H. Soekirman
mempunyai perwatakan perhatian. (2) Aspek sosiologi sastra novel Prau
Gethek Nyabrang Jaladri karya Ir. H. Soekirman meliputi: aspek kekerabatan,
aspek moral, aspek cinta kasih, aspek ekonomi, dan aspek pendidikan. (3)
Nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam novel Prau Gethek Nyabrang
Jaladri karya Ir. H. Sokeirman meliputi: nilai pendidikan agama atau
keTuhanan, nilai pendidikan sosial atau kemasyarakatan, dan nilai pendidikan
moral.