Abstract:
Dalam penelitian ini dibahas (1) bagaimana langkah-langkah menulis
naskah drama panggung berdasarkan novel dan (2) bagaimana langkah-langkah
kegiatan pembelajaran mengubah novel Bidadari-Bidadari Surga karya Tere Liye
menjadi naskah drama panggung di kelas XI SMA Negeri 11 Purworejo. Tujuan
penelitian ini ada dua, yaitu (1) menjelaskan langkah-langkah menulis naskah
drama panggung berdasarkan novel dan (2) menjelaskan langkah-langkah
pembelajaran mengubah novel Bidadari-Bidadari Surga karya Tere Liye menjadi
naskah drama panggung di kelas XI SMA Negeri 11 Purworejo.
Teori yang menjadi acuan dalam penelitian ini dikemukakan oleh
Fakhrudin (2013: 24), yaitu terdapat tujuh langkah yang bersifat subjektif dalam
menulis naskah drama panggung meliputi (1) memilih dan menentukan tema, (2)
merumuskan kalimat premis berdasarkan tema, (3) merumuskan kalimat premis
menjasi kalimat plot, (4) mengembangkan kalimat premis dan kalimat plot
menjadi sinopsis, (5) mengembangkan sinopsis menjadi treatment, (6)
mengembangkan bahan cerita menjadi naskah drama utuh, dan (7) mengkaji
ulang; dan Endraswara (2011: 138) mengungkapkan bahwa hipogram merupakan
karya yang dijadikan dasar bagi penulisan karya sastra lain sesudahnya.
Pengumpulan data ini penulis lakukan dengan metode studi pustaka
sebagaimana dikemukakan oleh Keraf (1989: 165) dan metode observasi menurut
Arikunto (2006: 156). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
berdasarkan teori Arikunto (2005: 58) dan Ismawati (2011: 81) yaitu teknik
analisis deskriptif kualitatif berdasarkan isi pragmatis dan semantis. Teknik
penyajian hasil analisis data yang digunakan adalah teknik informal (Sudaryanto,
1993: 145)
Dari hasil penelitian dikemukakan bahwa (1) langkah-langkah menulis
naskah drama panggung berdasarkan Bidadari-Bidadari Surga karya Tere Liye,
yaitu membaca novel tersebut secara keseluruhan untuk menentukan sebuah bab
yang menjadi acuan, mengembangkan unsur intrinsiknya menjadi treatment, dan
mengembangkan treatment menjadi naskah drama utuh, (2) langkah-langkah
pembelajarannya meliputi pendidik menjelaskan langkah-langkah menulis naskah
drama panggung berdasarkan novel, memberikan tugas menulis naskah drama
panggung berdasarkan sebuah bab yang terdapat dalam novel, dan mengevaluasi
karya peserta didik berdasarkan lima aspek penilaian.