Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA PANGGUNG BERDASARKAN NOVEL BIDADARI-BIDADARI SURGA KARYA TERE LIYE DI KELAS XI SMA NEGERI 11 PURWOREJO

Show simple item record

dc.contributor.author Wasiyati, Novi
dc.date.accessioned 2018-02-02T06:46:56Z
dc.date.available 2018-02-02T06:46:56Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/973
dc.description.abstract Dalam penelitian ini dibahas (1) bagaimana langkah-langkah menulis naskah drama panggung berdasarkan novel dan (2) bagaimana langkah-langkah kegiatan pembelajaran mengubah novel Bidadari-Bidadari Surga karya Tere Liye menjadi naskah drama panggung di kelas XI SMA Negeri 11 Purworejo. Tujuan penelitian ini ada dua, yaitu (1) menjelaskan langkah-langkah menulis naskah drama panggung berdasarkan novel dan (2) menjelaskan langkah-langkah pembelajaran mengubah novel Bidadari-Bidadari Surga karya Tere Liye menjadi naskah drama panggung di kelas XI SMA Negeri 11 Purworejo. Teori yang menjadi acuan dalam penelitian ini dikemukakan oleh Fakhrudin (2013: 24), yaitu terdapat tujuh langkah yang bersifat subjektif dalam menulis naskah drama panggung meliputi (1) memilih dan menentukan tema, (2) merumuskan kalimat premis berdasarkan tema, (3) merumuskan kalimat premis menjasi kalimat plot, (4) mengembangkan kalimat premis dan kalimat plot menjadi sinopsis, (5) mengembangkan sinopsis menjadi treatment, (6) mengembangkan bahan cerita menjadi naskah drama utuh, dan (7) mengkaji ulang; dan Endraswara (2011: 138) mengungkapkan bahwa hipogram merupakan karya yang dijadikan dasar bagi penulisan karya sastra lain sesudahnya. Pengumpulan data ini penulis lakukan dengan metode studi pustaka sebagaimana dikemukakan oleh Keraf (1989: 165) dan metode observasi menurut Arikunto (2006: 156). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan teori Arikunto (2005: 58) dan Ismawati (2011: 81) yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif berdasarkan isi pragmatis dan semantis. Teknik penyajian hasil analisis data yang digunakan adalah teknik informal (Sudaryanto, 1993: 145) Dari hasil penelitian dikemukakan bahwa (1) langkah-langkah menulis naskah drama panggung berdasarkan Bidadari-Bidadari Surga karya Tere Liye, yaitu membaca novel tersebut secara keseluruhan untuk menentukan sebuah bab yang menjadi acuan, mengembangkan unsur intrinsiknya menjadi treatment, dan mengembangkan treatment menjadi naskah drama utuh, (2) langkah-langkah pembelajarannya meliputi pendidik menjelaskan langkah-langkah menulis naskah drama panggung berdasarkan novel, memberikan tugas menulis naskah drama panggung berdasarkan sebuah bab yang terdapat dalam novel, dan mengevaluasi karya peserta didik berdasarkan lima aspek penilaian. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject pembelajaran, menulis naskah drama panggung en_US
dc.title PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA PANGGUNG BERDASARKAN NOVEL BIDADARI-BIDADARI SURGA KARYA TERE LIYE DI KELAS XI SMA NEGERI 11 PURWOREJO en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account