Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) nilai pendidikan karakter
berdasarkan hubungan manusia dengan diri sendiri dalam novel Sepatu Dahlan karya
Khrisna Pabichara, (2) nilai pendidikan karakter berdasarkan hubungan manusia
dengan manusia dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara, (3) nilai
pendidikan karakter berdasarkan hubungan manusia denganTuhan dalam novel
Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara, dan (4) skenario pembelajaran dari nilai
pendidikan karakter dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara terhadap
pembelajaran siswa di kelas XI SMA.
Penelitan ini merupakan penelitian kualitatif. Objek penelitian berupa nilai
pendidikan karakter dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara. Instrumen
penelitian berupa kartu pencatat data. Penulis menggunakan metode simak sebagai
teknik pengumpulan data. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode content
analysis (analisis isi) sebagai teknik analisis data. Teknik yang digunakan untuk
menyajikan hasil analisis data dalam penelitian ini adalah teknik penyajian informal.
Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: (1) nilai pendidikan dalam novel
Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara berdasarkan hubungan manusia dengan diri
sendiri meliputi sifat pantang menyerah, disiplin, berpendirian teguh, ulet, sabar,
bersahaja, beran;. (2) nilai pendidikan dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna
Pabichara berdasarkan hubungan manusia dengan manusia meliputi sifat penyayang,
peduli, tolong menolong, setia; (3) nilai pendidikan dalam novel Sepatu Dahlan karya
Khrisna Pabichara berdasarkan hubungan manusia dengan Tuhan meliputi sifat
pasrah kepada Tuhan, taat beribadah, rajin berdoa, selalu yakin kepada Tuhan; (4)
Pembelajaran sastra untuk menganalisis unsur-unsur ekstrinsik dalam novel di kelas
XI SMA menggunakan metode numbered heads together yaitu melalui kegiatan
eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.