Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SEPATU DAHLAN KARYA KHRISNA PABICHARA DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Budianto, Arif
dc.date.accessioned 2018-02-02T06:54:42Z
dc.date.available 2018-02-02T06:54:42Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/974
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) nilai pendidikan karakter berdasarkan hubungan manusia dengan diri sendiri dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara, (2) nilai pendidikan karakter berdasarkan hubungan manusia dengan manusia dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara, (3) nilai pendidikan karakter berdasarkan hubungan manusia denganTuhan dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara, dan (4) skenario pembelajaran dari nilai pendidikan karakter dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara terhadap pembelajaran siswa di kelas XI SMA. Penelitan ini merupakan penelitian kualitatif. Objek penelitian berupa nilai pendidikan karakter dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara. Instrumen penelitian berupa kartu pencatat data. Penulis menggunakan metode simak sebagai teknik pengumpulan data. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode content analysis (analisis isi) sebagai teknik analisis data. Teknik yang digunakan untuk menyajikan hasil analisis data dalam penelitian ini adalah teknik penyajian informal. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: (1) nilai pendidikan dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara berdasarkan hubungan manusia dengan diri sendiri meliputi sifat pantang menyerah, disiplin, berpendirian teguh, ulet, sabar, bersahaja, beran;. (2) nilai pendidikan dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara berdasarkan hubungan manusia dengan manusia meliputi sifat penyayang, peduli, tolong menolong, setia; (3) nilai pendidikan dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara berdasarkan hubungan manusia dengan Tuhan meliputi sifat pasrah kepada Tuhan, taat beribadah, rajin berdoa, selalu yakin kepada Tuhan; (4) Pembelajaran sastra untuk menganalisis unsur-unsur ekstrinsik dalam novel di kelas XI SMA menggunakan metode numbered heads together yaitu melalui kegiatan eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject Nilai pendidikan karakter, novel, skenario pembelajaran en_US
dc.title ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SEPATU DAHLAN KARYA KHRISNA PABICHARA DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account