Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel 99
Cahaya di Langit Eropa, (2) nilai-nilai pendidikan novel “99 Cahaya di Langit
Eropa”, (3) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Novel 99 Cahaya di Langit Eropa
Karya Hanum Salsabila di MTs.
Sumber data penelitian ini adalah Novel “99 Cahaya di Langit Eropa”
Karya Hanum Salsabila” Objek penelitianya adalah nilai-nilai Pendidikan yang
terdapat dalam novel “99 Cahaya di langit Eropa” karya Hanum salsabila dan
pembelajaran di kelas VIII MTs. Penelitian ini difokuskan pada nilai pendidikan
dalam novel 99 cahaya di langit eropa (a) hubungan manusia denagn Tuhan, (b)
hubungan manusia dengan manusia, (c) hubungan manusia dengan dirinya sendiri
dan pembelajaran rencana pelaksanaan pembelajaran di kelas VIII MTs. Teknik
pengumpulan data yang menggunakan teknik pustaka, instrumen penelitian
menggunakan kartu pencatat data dan alat tulis lainnya.Teknik analisi data
menggunakan teknik analisi isi. Teknik penyajian analisis data yang digunakan
adalah teknik informal.
Dari hasil penelitian ini disimpulkan: (1) unsur intrinsik novel Cahaya di
Langit Eropa terdiri dari (a) tema: perjalanan menapaki jejak islam, (b):tokoh dan
penokohan tokoh pertama di perankan oleh Hanum dan Rangga, tokoh tambahan
Fatma, Eyse, Selim, Latife, Ezar, Oznur, Paul, Imam hashim, Natalie dewan,
Marion, Gomez, Hasan, Sergio (c) alur: maju dan sorot balik (d) latar: Benua
Eropa, Austria, Paris, Spayol, Turki dan Mekah (e) sudut pandang: orang ketiga
(f) amanat: jangan mudah putus asa dalam meraih harapan (2) nilai-nilai
pendidikan novel “99 Cahaya di Langit Eropa” adalah (a) nilai religius (b) nilai
moral (c) nilai Sosial (d) budaya (3) Rencana Pelaksaan Pembelajaran novel “99
cahaya langit dieropa di MTs kelasVIII adalah: standar kompetensi (SK) adalah
mengapresiasi kutipan novel remaja, kompetensi dasar (KD) adalah menanggapi
hal yang menarik dari kutipan novel remaja, Indikator mampu menjelaskan unsur
intrinsik dan nilai-nilai pendidikan, untuk merangsang dan menotivasi
pembentukan konsep diri yang berkarakter.