Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

NILAI-NILAI PENDIDIKAN NOVEL 99 CAHAYA DI LANGIT EROPA KARYA HANUM SALSABILA DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS VIII MTs

Show simple item record

dc.contributor.author Suhesti, Indi
dc.date.accessioned 2018-02-02T06:59:25Z
dc.date.available 2018-02-02T06:59:25Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/975
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel 99 Cahaya di Langit Eropa, (2) nilai-nilai pendidikan novel “99 Cahaya di Langit Eropa”, (3) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Novel 99 Cahaya di Langit Eropa Karya Hanum Salsabila di MTs. Sumber data penelitian ini adalah Novel “99 Cahaya di Langit Eropa” Karya Hanum Salsabila” Objek penelitianya adalah nilai-nilai Pendidikan yang terdapat dalam novel “99 Cahaya di langit Eropa” karya Hanum salsabila dan pembelajaran di kelas VIII MTs. Penelitian ini difokuskan pada nilai pendidikan dalam novel 99 cahaya di langit eropa (a) hubungan manusia denagn Tuhan, (b) hubungan manusia dengan manusia, (c) hubungan manusia dengan dirinya sendiri dan pembelajaran rencana pelaksanaan pembelajaran di kelas VIII MTs. Teknik pengumpulan data yang menggunakan teknik pustaka, instrumen penelitian menggunakan kartu pencatat data dan alat tulis lainnya.Teknik analisi data menggunakan teknik analisi isi. Teknik penyajian analisis data yang digunakan adalah teknik informal. Dari hasil penelitian ini disimpulkan: (1) unsur intrinsik novel Cahaya di Langit Eropa terdiri dari (a) tema: perjalanan menapaki jejak islam, (b):tokoh dan penokohan tokoh pertama di perankan oleh Hanum dan Rangga, tokoh tambahan Fatma, Eyse, Selim, Latife, Ezar, Oznur, Paul, Imam hashim, Natalie dewan, Marion, Gomez, Hasan, Sergio (c) alur: maju dan sorot balik (d) latar: Benua Eropa, Austria, Paris, Spayol, Turki dan Mekah (e) sudut pandang: orang ketiga (f) amanat: jangan mudah putus asa dalam meraih harapan (2) nilai-nilai pendidikan novel “99 Cahaya di Langit Eropa” adalah (a) nilai religius (b) nilai moral (c) nilai Sosial (d) budaya (3) Rencana Pelaksaan Pembelajaran novel “99 cahaya langit dieropa di MTs kelasVIII adalah: standar kompetensi (SK) adalah mengapresiasi kutipan novel remaja, kompetensi dasar (KD) adalah menanggapi hal yang menarik dari kutipan novel remaja, Indikator mampu menjelaskan unsur intrinsik dan nilai-nilai pendidikan, untuk merangsang dan menotivasi pembentukan konsep diri yang berkarakter. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject nilai pendidikan, rencana pelaksanaan pembelajaran sastra en_US
dc.title NILAI-NILAI PENDIDIKAN NOVEL 99 CAHAYA DI LANGIT EROPA KARYA HANUM SALSABILA DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS VIII MTs en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account