Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah ada pengaruh yang
positif dan signifikan antara latar belakang sosial ekonomi keluarga terhadap
minat melanjutkan ke perguruan tinggi pada siswa MAN Purworejo. (2) apakah
ada pengaruh yang positif dan signifikan antara hasil belajar terhadap minat
melanjutkan ke perguruan tinggi pada siswa MAN Purworejo. (3) apakah ada
pengaruh positif dan signifikan antara latar belakang sosial ekonomi keluarga dan
hasil belajar secara bersama-sama terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi
pada siswa MAN Purworejo.
Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh
Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 120 siswa di ambil
sampel 89 siswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkan metode dokumen dan metode
angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis
kuantitatif.
Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa latar belakang sosial
ekonomi keluarga berada pada kategori tinggi (37,5%), sedangkan untuk hasil
belajar tergolong baik (66%), sedangkan untuk minat melanjutkan ke perguruan
tinggi pada kategori sangat tinggi (40%). Berdasarkan analisis kuantitatif
menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara latar
belakang sosial ekonomi keluarga dengan minat melanjutkan ke perguruan tinggi
sebesar 5,88 % (r
hitung
= 0,242 ; t = 3,722; sig < 0,05) dan r
2
sebesar 0,059. Ada
pengaruh positif dan signifikan antara hasil belajar terhadap minat melanjutkan ke
perguruan tinggi sebesar 62,89% (r
2xy
= 0,793 ;t
hitung
7,257; 0,01 sig < 0,05 dan r
sebesar 0,6288). Ada pengaruh positif dan signifikan antara latar belakang sosial
ekonomi keluarga dan hasil belajar secara bersama-sama terhadap minat
melanjutkan ke perguruan tinggi sebesar 50,80 % dengan (R) = 0,713; F
sebesar 60,937; sig < 0,05; dan (R
2
) = 0,508 dan sisanya 42,90% dipengaruhi
variabel lain yang tidak diteliti.
2
hitung