Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ( 1 ) Ada pengaruh yang positif dan
signifikan antara motivasi belajar terhadap pencapaian hasil belajar siswa pada
mata pelajaran kewirausahaan ( 2 ) Ada pengaruh yang positif dan signifikan
antara instrumen pembelajaran terhadap pencapaian hasil belajar siswa pada mata
pelajaran kewirausahaan( 3 ) Ada pengaruh yang positif dan signifikan secara
bersama antara motivasi belajar daninstrumen pembelajaran terhadap pencapaian
hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Batik Sakti
1 Kebumen dengan jumlah 30 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa
kelas XI berjumlah 28 siswa teknik pengambilan sampel yang di gunakan adalah
sampling random sampling dengan menggunakan nilai ulangan akhir semester
pertama. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumen dan
analisis menggunakan rumus korelasi ganda dan regresilinier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ( 1 ) Ada pengaruh yang positif dan
signifikan antara motivasi belajar terhadap pencapaian hasil belajar siswa pada
mata pelajaran kewirausahaan sebesar 7,18% dengan sig ≤ 0,05 ( 2 ) Ada
pengaruh yang positif dan signifikan antara instrumen pembelajaran terhadap
pencapaian hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi sebesar 7,40%
dengan sig = 0,05. Karena sig = 0,05 ≤ 0,05 ( 3 ) Ada pengaruh yang positif dan
signifikan secara bersama antara motivasi belajar daninstrumen pembelajaran
terhadap pencapaian hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi 7,70%.
Hasil uji F diperoleh F
sebesar 12,077 dengan sig = 0,05. Karena sig ≤ 0,05
maka dapat dikatakan signifikan dan koefisien determinasi (R
hitung
2
) sebesar 0,077
maka sumbangan yang diberikan oleh motivasi belajar dan instrumen
pembelajaran sebesar 7,70% hal ini berarti 92,30% di pengaruhi variabel lain
yang tidak di teliti.