Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh Motivasi Belajar dan Instrumen Pembelajaran Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan Siswa SMK Batik Sakti 1 Kebumen tahun 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Priatmoko, Iwan
dc.date.accessioned 2018-02-02T07:05:29Z
dc.date.available 2018-02-02T07:05:29Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/978
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ( 1 ) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap pencapaian hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan ( 2 ) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara instrumen pembelajaran terhadap pencapaian hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan( 3 ) Ada pengaruh yang positif dan signifikan secara bersama antara motivasi belajar daninstrumen pembelajaran terhadap pencapaian hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Batik Sakti 1 Kebumen dengan jumlah 30 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI berjumlah 28 siswa teknik pengambilan sampel yang di gunakan adalah sampling random sampling dengan menggunakan nilai ulangan akhir semester pertama. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumen dan analisis menggunakan rumus korelasi ganda dan regresilinier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ( 1 ) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap pencapaian hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan sebesar 7,18% dengan sig ≤ 0,05 ( 2 ) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara instrumen pembelajaran terhadap pencapaian hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi sebesar 7,40% dengan sig = 0,05. Karena sig = 0,05 ≤ 0,05 ( 3 ) Ada pengaruh yang positif dan signifikan secara bersama antara motivasi belajar daninstrumen pembelajaran terhadap pencapaian hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi 7,70%. Hasil uji F diperoleh F sebesar 12,077 dengan sig = 0,05. Karena sig ≤ 0,05 maka dapat dikatakan signifikan dan koefisien determinasi (R hitung 2 ) sebesar 0,077 maka sumbangan yang diberikan oleh motivasi belajar dan instrumen pembelajaran sebesar 7,70% hal ini berarti 92,30% di pengaruhi variabel lain yang tidak di teliti. en_US
dc.publisher Pendidikan Ekonomi-FKIP en_US
dc.subject motivasi belajar,instrumen belajar, hasil belajar en_US
dc.title Pengaruh Motivasi Belajar dan Instrumen Pembelajaran Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan Siswa SMK Batik Sakti 1 Kebumen tahun 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account