Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) kualitas proses
pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan menerapkan media karikatur
pada siswa kelas XI SMK Tamtama Prembun Tahun Pelajaran 2013/2014;
2) kualitas hasil pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan menerapkan
media karikatur pada siswa kelas XI SMK Tamtama Prembun Tahun Pelajaran
2013/2014.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri atas
tiga tahap yaitu tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II. Setiap siklus terdiri atas
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas XI SMK Tamtama Prembun. Fokus penelitian ini adalah peningkatan
kualitas proses dan hasil pembelajaran keterampilan menulis paragraf deskripsi
dengan media karikatur. Dalam pengumpulan data digunakan teknik tes dan
nontes. Teknik tes berupa hasil menulis paragraf deskripsi siswa, sedangkan
teknik nontes berupa observasi, wawancara, lembar angket, dokumentasi, analisis
dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan
kuantitatif. Penyajian data dilakukan dengan teknik informal.
Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa 1) kualitas proses
dilaksanakan dari siklus I sampai dengan siklus II. Hasil angket prasiklus
diketahui yang membutuhkan media belajar dalam menulis paragraf deskripsi
sebesar 65,7 %. Hasil observasi prasiklus diketahui keantusiasan dan perhatian
dalam mengikuti kegiatan pembelajaran menulis paragraf deskripsi sebesar 40 %
siswa, peran dalam kegiatan menulis deskripsi sebesar 34,3 %. Hasil angket siklus
I diketahui siswa yang tertarik terhadap pembelajaran deskripsi sebesar 74,3 %.
Hasil observasi siklus I keantusiasan dan perhatian sebesar 71,4 % . Peran siswa
dalam kegiatan menulis deskripsi sebesar 62,9 %. Hasil angket siklus II diketahui
yang tetarik, sebesar 85,7 %. Hasil observasi siklus II diketahui bahwa
keantusiasan dan perhatian siswa sebesar 94,3 %. Peran siswa dalam kegiatan
menulis deskripsi sebesar 88,5 %. 2) kualitas hasil pada prasiklus nilai rata-rata
siswa adalah 66,1. Pada siklus I, terjadi peningkatan 11,5 dari siklus sebelumnya
menjadi 77,6 terhadap nilai rata-rata siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan 5,4
dari siklus I menjadi 83 terhadap nilai rata-rata siswa. Berdasarkan nilai rata-rata
di atas dapat disimpulkan bahwa media karikatur dapat meningkatkan
keterampilan menulis paragraf deskripsi