Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN MEDIA KARIKATUR PADA SISWA KELAS XI SMK TAMTAMA PREMBUN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Astuti, Sri
dc.date.accessioned 2018-02-02T07:07:40Z
dc.date.available 2018-02-02T07:07:40Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/979
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) kualitas proses pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan menerapkan media karikatur pada siswa kelas XI SMK Tamtama Prembun Tahun Pelajaran 2013/2014; 2) kualitas hasil pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan menerapkan media karikatur pada siswa kelas XI SMK Tamtama Prembun Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri atas tiga tahap yaitu tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Tamtama Prembun. Fokus penelitian ini adalah peningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran keterampilan menulis paragraf deskripsi dengan media karikatur. Dalam pengumpulan data digunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil menulis paragraf deskripsi siswa, sedangkan teknik nontes berupa observasi, wawancara, lembar angket, dokumentasi, analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Penyajian data dilakukan dengan teknik informal. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa 1) kualitas proses dilaksanakan dari siklus I sampai dengan siklus II. Hasil angket prasiklus diketahui yang membutuhkan media belajar dalam menulis paragraf deskripsi sebesar 65,7 %. Hasil observasi prasiklus diketahui keantusiasan dan perhatian dalam mengikuti kegiatan pembelajaran menulis paragraf deskripsi sebesar 40 % siswa, peran dalam kegiatan menulis deskripsi sebesar 34,3 %. Hasil angket siklus I diketahui siswa yang tertarik terhadap pembelajaran deskripsi sebesar 74,3 %. Hasil observasi siklus I keantusiasan dan perhatian sebesar 71,4 % . Peran siswa dalam kegiatan menulis deskripsi sebesar 62,9 %. Hasil angket siklus II diketahui yang tetarik, sebesar 85,7 %. Hasil observasi siklus II diketahui bahwa keantusiasan dan perhatian siswa sebesar 94,3 %. Peran siswa dalam kegiatan menulis deskripsi sebesar 88,5 %. 2) kualitas hasil pada prasiklus nilai rata-rata siswa adalah 66,1. Pada siklus I, terjadi peningkatan 11,5 dari siklus sebelumnya menjadi 77,6 terhadap nilai rata-rata siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan 5,4 dari siklus I menjadi 83 terhadap nilai rata-rata siswa. Berdasarkan nilai rata-rata di atas dapat disimpulkan bahwa media karikatur dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf deskripsi en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject Keterampilan Menulis, Paragraf Deskripsi, Media Karikatur en_US
dc.title PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN MEDIA KARIKATUR PADA SISWA KELAS XI SMK TAMTAMA PREMBUN TAHUN PELAJARAN 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account