Abstract:
Persaingan diantara produsen dalam memasarkan suatu produk yang
memiliki kesamaan menjadi hal yang tidak dapat dielakkan lagi saat ini.
Persaingan bisnis yang ada selama ini juga dialami oleh para produsen produk
peralatan rumah tangga berbahan plastik, seperti Tupperware. Setiap produsen,
dalam hal ini adalah produsen produk peralatan rumah tangga berbahan plastik,
tentunya akan saling menawarkan kelebihan yang dimiliki agar konsumen
memiliki ketertarikan pada produk yang dipasarkan, sehingga konsumen memiliki
minat beli. Minat beli pada diri seseorang dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor,
salah satunya adalah oleh brand personality. Tujuan yang hendak dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh brand personality terhadap minat
beli.
Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah masyarakat Purworejo.
Jumlah sampel yang akan digunakan sebanyak 100 orang dengan menggunakan
teknik purposive sampling. Pada penelitian ini pengumpulan data menggunakan
kuesioner yang terlebih dahulua akn diuji tingkat validitas dan reliabilitasnya.
Sdangkan, untuk uji hipotesis akan menggunakan analisis regresi.
Hasil analisis regresi menunjukkan nilai koefisien regresi brand
personality (X) sebesar 0,130 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000.
Berdasarkan hasil tersebut, maka hipotesis yang diajukan yaitu “brand personality
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli”, terbukti dan dapat
diterima.