dc.description.abstract |
Persaingan dibidang telekomunikasi yang ada di Indonesia tidak dapat
dihindari lagi. Telkomsel, Indosat, XL Axiata, Sampoerna Telekom, AXIS
Telekom Indonesia, PSN/ACeS, Smartfren Telecom, dan Hutchison Charoen
Pokphand Telecom merupakan sejumlah penyedia jaringan telekomunikasi yang
ada di Indonesia. Setiap penyedia jaringan telekomunikasi tersebut tentunya
mempunyai tujuan yang hampir sama dalam bidang pemasaran yaitu meraih
pangsa pasar yang besar serta menciptakan pelanggan yang loyal terhadap
perusahaan. Namun, pada kenyataannya membangun loyalitas pelanggan
bukanlah hal yang mudah. Terdapat berbagai faktor yang diasumsikan dapat
mempengaruhi loyalitas, seperti nilai pelanggan, kesadaran merek, dan switching
barrier. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk menguji pengaruh nilai pelanggan,
kesadaran merek, dan switching barrier secara parsial dan simultan terhadap
loyalitas pelanggan.
Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah semua individu di
Purworejo yang pernah membeli kartu XL. Sampel yang digunakan dalam
penelitian ini sebanyak 150 responden dengan menggunakan teknik purposive
sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang
telah diujicobakan, dan memenuhi syarat validitas dan uji reliabilitas.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) nilai koefisien regresi nilai
pelanggan (X1) sebesar 0,350 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000; 2) nilai
koefisien regresi kesadaran merek (X2) sebesar 0,191 dengan nilai signifikansi
sebesar 0,021; 3) nilai koefisien regresi switching barrier (X3) sebesar 0,164
dengan nilai signifikansi sebesar 0,048; dan 4) nilai F sebesar 25,842 dengan nilai
signifikansi sebesar 0,000. Hasil tersebut menunjukkan bahwa keseluruhan
hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima. |
en_US |