dc.contributor.author |
Kusnawan, Tari |
|
dc.date.accessioned |
2018-02-02T07:12:32Z |
|
dc.date.available |
2018-02-02T07:12:32Z |
|
dc.date.issued |
2017 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/983 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)Apakah terdapat peningkatan
keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan diterapkan
kombinasi model pembelajaran Think Talk Write dan Talking Stick, (2) Apakah
terdapat peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan
diterapkan kombinasi model pembelajaran Think Talk Write dan Talking Stick.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di
MTs Al Islamiyah Balorejo, dengan sasaran penelitian siswa kelas VIII B sejumlah
20 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode observasi, metode tes, dan dokumentasi. Sedangkan instrumen yang
digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes evaluasi belajar. Teknik analisis
data adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan rumus rerata
dan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kombinasi model pembelajaran
Think Talk Write dan Talking Stick dapat meningkatkan keaktifan danprestasi belajar
siswa pada mata pelajaran matematika. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan
persentase pada setiap aspek keaktifan hasil observasi dari siklus I ke siklus II. Pada
siklus I diperoleh rerata keaktifan berdasarkan lembar observasi sebesar 45% dalam
kriteria kurang baik meningkat menjadi 80% pada siklus II dengan kriteria baik.
Ketuntasan prestasi belajar matematika dengan menggunakan kombinasi model
pembelajaran Think Talk Write dan Talking Stick meningkat dari prestasi belajar
pada siklus I, siswa yang telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
sebesar 35,00%, meningkat menjadi 75,00% pada siklus II dengan rata-rata 77,35.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan kombinasi model
pembelajaran Think Talk Write dan Talking Stick dapat meningkatkan keaktifan dan
prestasi belajar matematika di kelas VIII B MTs Al Islamiyah Balorejo. |
en_US |
dc.publisher |
Pendidikan Matematika-FKIP |
en_US |
dc.subject |
keaktifan belajar, prestasi belajar, Think Talk Write, Talking Stick. |
en_US |
dc.title |
PENERAPAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII B MTS AL ISLAMIYAH BALOREJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015 |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |