Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik, (2)
nilai moral, dan (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Antara Cinta dan
Ridha Ummi karya Asma Nadia di kelas XI SMA.
Objek penelitian ini adalah novel Antara Cinta dan Ridha Ummi karya
Asma Nadia. Fokus penelitian ini adalah nilai moral novel Antara Cinta dan
Ridha Ummi karya Asma Nadia. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah teknik pustaka, teknik simak, dan teknik catat.
Instrumen penelitian ini adalah kartu pencatat data dan alat tulisnya. Teknik
analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Teknik penyajian hasil analisis
data digunakan teknik informal.
Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: (1) unsur intrinsik novel
Antara Cinta dan Ridha Ummi Karya Asma Nadia meliputi: (a) alur: maju; (b)
tokoh dan penokohan: a) Zarika: cerdas dan cantik, b) Laras: cerdas, berbakti
kepada Umminya, tidak peduli dengan hal yang tidak penting c) Ziah: cerdas, d)
Umi Aminah: tegar, bijaksana, e) Aisyah: sopan, peduli, f) Risma: ketus dan kikir,
g) Umar: baik, bijaksana, h) Herman: egois, i) Wisnu: cerdas, baik, j) Zainal: baik,
penyayang, k) Zubaidah:iri, tidak cerdas, l) Zidan:putus asa, baik, m) Abah:
penyayang, sabar); (c) tema: masalah Keluarga dan percintaan; (d) latar tempat:di
café, di kantor,di salon, di masjid besar di wilayah Jawa Barat, latar waktu: pagi
hari, siang hari, sore hari, dan malam hari, latar suasana: sedih, bahagia,tegang
dan sepi; (e) sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang persona
ketiga“Dia”; (f) bahasa: bahasa kiasan; bahasa asing; (g) amanat: a) keharusan
memakai jilbab bagi muslim agar terhindar dari pandangan laki-laki yang tidak
baik, b) ridha orang tua adalah ridha Allah, maka dari itu berbakti kepada orang
tua agar hidup bahagia kedepannya nanti; (2) nilai moral meliputi: (a) hubungan
manusia dengan diri sendiri: jujur, menghargai waktu, dan tanggung jawab, (b)
hubungan manusia dengan manusia lain: dermawan, tolong menolong, adil dan
peduli, (c) hubungan manusia dengan Tuhan-Nya: berdoa, beribadah, dan
bersyukur; (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel di kelas XI SMA
dilakukan dengan metode Active Learning (belajar aktif) dengan langkah-langkah:
peserta didik membentuk kelompok kecil 4-6, anggota tim menyesuaikan subtopik
yang akan dibahas, setiap kelompok diberi materi subtopik yang berbeda, dan
membentuk kelompok ahli. Kelompok ahli dibentuk dan diambil dari salah satu
orang dari kelompok asal, dan tim ahli mendiskusikan subtopik yang telah
dibagikan. Selanjutnya, setelah selesai sebagai tim ahli tiap anggota kelompok
kembali ke kelompok masing-masing dan berdiskusi dengan teman satu tim