Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara lingkungan
keluarga dan iklim sosial kelas baik secara individual maupun secara simultan
terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran kewirausahaan SMK
Pembaharuan Purworejo.
Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI program keahlian teknik
permesinan yang berjumlah 60 siswa, penentuan sampel berpedoman pada tabel
penentuan jumlah sampel dari populasi tertentu dengan taraf kesalahan 1%, 5%,
dan 10%. Dengan taraf kesalahan 5% diambil sampel 51 siswa. Pengambilan
sampel secara random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket
dengan skala Likert yang masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi
syarat validitas dan reliabilitas.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan variabel lingkungan keluarga berada
pada kategori tinggi (66,7%), variabel iklim sosial kelas berada pada kategori
tinggi (62,8%), dan variabel prestasi belajar siswa berada pada kategori sangat
tinggi (47%). Hasil analisis kuantitatif menunujukan bahwa ada pengaruh yang
positif dan signifikan antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar (r =
0,331, t
hitung
= 2,427, sig 0,019) dengan r
2
= 0,109 sumbangan 10,9%. Ada
pengaruh yang positif dan signifikan antara iklim sosial kelas terhadap prestasi
belajar siswa (r = 0,311, t
hitung
= 2,264, sig 0,028) dengan r
2
= 0,096 sumbangan
9,6%. Ada pengaruh yang positif antara lingkungan keluarga dan iklim sosial
kelas secara simultan terhadap prestasi belajar siswa (R = 0,490, F
= 7,589,
sig = 0,001) dengan R
2
= 0,240% sumbangan 24% dan 76% dipengaruhi faktor
lain. Hipotesis diterima dan dikatakan positif karena F
bernilai positif serta
signifikan karena hasil signifikan < 0,05.
hitung
hitung