Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Iklim Sosial Kelas Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan SMK Pembaharuan Purworejo

Show simple item record

dc.contributor.author Riadini, Yusita
dc.date.accessioned 2018-02-02T07:13:49Z
dc.date.available 2018-02-02T07:13:49Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/985
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara lingkungan keluarga dan iklim sosial kelas baik secara individual maupun secara simultan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran kewirausahaan SMK Pembaharuan Purworejo. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI program keahlian teknik permesinan yang berjumlah 60 siswa, penentuan sampel berpedoman pada tabel penentuan jumlah sampel dari populasi tertentu dengan taraf kesalahan 1%, 5%, dan 10%. Dengan taraf kesalahan 5% diambil sampel 51 siswa. Pengambilan sampel secara random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket dengan skala Likert yang masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Hasil analisis deskriptif menunjukkan variabel lingkungan keluarga berada pada kategori tinggi (66,7%), variabel iklim sosial kelas berada pada kategori tinggi (62,8%), dan variabel prestasi belajar siswa berada pada kategori sangat tinggi (47%). Hasil analisis kuantitatif menunujukan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar (r = 0,331, t hitung = 2,427, sig 0,019) dengan r 2 = 0,109 sumbangan 10,9%. Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara iklim sosial kelas terhadap prestasi belajar siswa (r = 0,311, t hitung = 2,264, sig 0,028) dengan r 2 = 0,096 sumbangan 9,6%. Ada pengaruh yang positif antara lingkungan keluarga dan iklim sosial kelas secara simultan terhadap prestasi belajar siswa (R = 0,490, F = 7,589, sig = 0,001) dengan R 2 = 0,240% sumbangan 24% dan 76% dipengaruhi faktor lain. Hipotesis diterima dan dikatakan positif karena F bernilai positif serta signifikan karena hasil signifikan < 0,05. hitung hitung en_US
dc.publisher Pendidikan Ekonomi-FKIP en_US
dc.subject Lingkungan Keluarga, Iklim Sosial Kelas dan Prestasi Belajar Siswa en_US
dc.title Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Iklim Sosial Kelas Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan SMK Pembaharuan Purworejo en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account