Abstract:
Pesatnya industri saat ini dipengaruhi oleh tindakan penyesuaian dalam memenuhi permintaan produk yang dibutuhkan oleh manusia, yang pada akhirnya seringkali mengorbankan ekologi dan lingkungan hidup. Peningkatan jumlah industri akan menimbulkan dampak yaitu terjadinya peningkatan pencemaran yang dihasilkan dari proses produksi industri. Agar mampu bertahan dan memenangkan persaingan, pemasar harus cepat bertindak terhadap perubahan permintaan dan memenuhi kebutuhan konsumen yang mulai peduli terhadap lingkungan.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengaruh Green Product Innovation dan Green Process Innovation Terhadap Competitive Advantage. Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah konsumen air mineral merek AQUA di Wonosobo. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, yang diukur dengan skala Likert yang masing-masing sudah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa variabel Green Product Innovation dan Green Process Innovation berpengaruh positif dan signifikan terhadap Competitive Advantage.