Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep
dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis dengan penerapan metode
pembelajaran Probing Prompting pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 25
Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
subyek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 25 Purworejo tahun
pelajaran 2016/2017 dengan jumlah 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2
siklus, dimana setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan,
dan refleksi. Instrumen dalam penelitian ini berupa lembar observasi komunikasi
matematis lisan dan tes uraian hasil belajar. Analisis data dilakukan secara
kualitatif pada setiap siklusnya.
Berdasarkan hasil penelitian siklus I pemahaman konsep menghasilkan
rerata sebesar 71,95% dengan kategori cukup. Siklus II terjadi peningkatan
dengan rerata sebesar 89,1% dengan kategori baik. Siklus I observasi komunikasi
matematis lisan menghasilkan rerata 68,92% dalam kategori cukup setelah
melakukan perbaikan observasi komunikasi matematis lisan siklus II
menghasilkan rerata sebesar 78,53% dalam kategori baik. Siklus I tes komunikasi
matematis tertulis menghasilkan rerata 66,07% dalam kategori cukup. Setelah
melakukan perbaikan tes komunikasi matematis tertulis siklus II menghasilkan
rerata sebesar 84,09% dalam kategori baik. Simpulan dari penelitian ini adalah
metode pembelajaran probing prompting dapat meningkatkan pemahaman
konsep dan komunikasi matematis.