Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Matematis dengan Metode Pembelajaran Probing Prompting pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 25 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Aprilian, Erika
dc.date.accessioned 2018-02-02T07:16:03Z
dc.date.available 2018-02-02T07:16:03Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/987
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis dengan penerapan metode pembelajaran Probing Prompting pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 25 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 25 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen dalam penelitian ini berupa lembar observasi komunikasi matematis lisan dan tes uraian hasil belajar. Analisis data dilakukan secara kualitatif pada setiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian siklus I pemahaman konsep menghasilkan rerata sebesar 71,95% dengan kategori cukup. Siklus II terjadi peningkatan dengan rerata sebesar 89,1% dengan kategori baik. Siklus I observasi komunikasi matematis lisan menghasilkan rerata 68,92% dalam kategori cukup setelah melakukan perbaikan observasi komunikasi matematis lisan siklus II menghasilkan rerata sebesar 78,53% dalam kategori baik. Siklus I tes komunikasi matematis tertulis menghasilkan rerata 66,07% dalam kategori cukup. Setelah melakukan perbaikan tes komunikasi matematis tertulis siklus II menghasilkan rerata sebesar 84,09% dalam kategori baik. Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran probing prompting dapat meningkatkan pemahaman konsep dan komunikasi matematis. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Pemahaman Konsep, Komunikasi Matematis, Probing Prompting en_US
dc.title Peningkatan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Matematis dengan Metode Pembelajaran Probing Prompting pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 25 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account