Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik, (2) nilai moral, dan (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Cinta di Ujung Sajadah karya Asma Nadia di kelas XI SMA.
Objek penelitian ini adalah novel Cinta di Ujung Sajadah karya Asma Nadia. Fokus penelitian ini adalah nilai moral novel Cinta di Ujung Sajadah karya Asma Nadia. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pustaka, teknik simak, dan teknik catat. Instrumen penelitian ini adalah kartu pencatat data dan alat tulisnya. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Teknik penyajian hasil analisis data digunakan teknik informal.
Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: (1) unsur intrinsik novel Cinta di Ujung Sajadah Karya Asma Nadia meliputi: (a) tema: pencarian seorang anak terhadap ibunya yang pergi karena masalah keluarga (b) tokoh dan penokohan: Cinta (baik, sabar, sportif, tawakal dan tidak mudah menyerah), Mbok Nah (sabar, pengertian dan penuh kasih sayang kepada Cinta), Anggun (pemarah, ketus), Cantik (fashionable, pemarah, ketus), Makky Matahari Muhammad (baik, perhatian, dan saling berbagi hoby dengan cinta), Papa Cinta (semula baik, perhatian dan sejak menikah lagi menjadi kasar), Neta (baik, bersahabat pada Cinta dan perhatian), Aisyah (baik, alim, perhatian, suka makan dan bersahabat dengan Cinta), Adji (baik, perhatian, ramah, periang, kocak, dan suka menolong); (c) alur: flashback, (d) latar tempat: Tanah Abang dan Kalijodo, Bandung, Jogja dan Bantul; latar waktu: malam hari, pagi hari; latar suasana: sedih, gelisah, bahagia, kasih sayang; (e) sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang ketiga karena penulis serba tahu; (f) amanat: jadilah pribadi yang kuat dalam menerima kenyataan buruk yang diterima dan jangan mudah putus asa dalam menghadapi permasalahan, jangan pantang menyerah terus berjuang dalam menggapai impian sampai kemana impian itu berlari, kejujuran sangat di perlukan untuk menjalani kehidupan ini, karena kejujuranlah yang membuat hidup ini lebih berkah; (2) nilai moral meliputi: (a) hubungan manusia dengan diri sendiri: keyakinan dan tanggung jawab, (b) hubungan manusia dengan manusia lain: iba, tolong menolong, setia kawan dan perduli, (c) hubungan manusia dengan Tuhan-Nya: beribadah dan tawakal (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel di kelas XI SMA dilakukan dengan metode Active Learning (belajar aktif) dengan langkah-langkah: peserta didik membentuk kelompok kecil 2-4, anggota tim menyesuaikan subtopik yang akan dibahas yaitu novel, unsur intrinsik dan ekstrinsik novel. Setiap kelompok diberi materi subtopik yang berbeda, dan membentuk kelompok. Setiap tim mendiskusikan subtopik yang telah dikerjakan lalu dipresentasikan. Selanjutnya, setelah selesai sebagai tim ahli tiap anggota kelompok kembali ke kelompok masing-masing dan berdiskusi dengan teman satu tim.