Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar
siswa pada mata pelajaran Akuntansi kelas XI Akuntansi B SMK Batik Sakti 2
Kebumen tahun pelajaran 2016/2017 dengan menggunakan Model pembelajaran
Student Team Achievement Division.Penelitian ini termasuk dalam penelitian
tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi B SMK Batik
Sakti 2 Kebumen tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 27 siswa.
Pengumpulan data diperoleh dengan metode tes.
Berdasarkan hasil tes menunjukan bahwa presentase siswa yang mencapai
nilai KKM terus meningkat yaitu dari 33,33% pada pra siklus,62,96% pada siklus
I dan92,59% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi B SMK Batik Sakti 2
Kebumen tahun pelajaran 2016/2017 dengan indikator keberhasilan hasil belajar
mencapai nilai KKM minimal 76%.