Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik, (2) nilai moral, dan (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Amelia karya Tere Liye dan Rencana Pembelajarannya dengan Metode Group Investigation di kelas XI SMA.
Objek penelitian ini adalah novel unsur intrinsik novel Ameliakarya Tere Liye. Fokus penelitian ini adalah nilai moral novel Amelia karya Tere Liye. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pustaka, teknik simak, dan teknik catat. Instrumen penelitian ini adalah penulis selaku peneliti sebagai instrumen utama dengan bantuan kartu pencatat data dan alat tulis. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Teknik penyajian hasil analisis data digunakan teknik informal.
Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) unsur instrumen novel Amelia Karya Tere Liye, meliputi: (a) tema masalah kesederhanaan, masalah kedisiplinan, masalah persahabatan, dan masalah kepedulian; (b) tokoh dan penokohan Amelia (Selalu ingin tahu, pekerja keras, pantang menyerah), Eliana (pemberani, tegas, penyang, pengertian), Bapak (baik,sabar dan bijaksana), Mamak (baik, tegas, penyayang dan cekatan), Maya (pemberani, baik hati dan suka menolong), Chuck Norris (tidak disiplin, susah diatur, jahil), Pak Bin (sabar, bijaksana dan jujur), Nek Kiba (Tegas, baik hati), Pukat (pintar, nakal, pemalas) Burlian (jahil, nakal, pemalas); (c) alurcampuran; (d) latar tempat: dapur rumah amelia, sekolah, teras rumah, hutan, dan pasar, latar waktu; pagi hari, siang hari, sore hari, dan malam hari, latar sosial; anak SD, seorang guru, seorang petani, kepala kampung. latar suasana: sedih, sepi, bahagia, dan tegang; (e) sudut pandang yang digunakan adalah orang pertama pelaku utama; (f) amanatjangan melihat nilai negative dari seorang kakak, tidak boleh patah semangat, selalu tetap belajar dan berusaha, lakukan nasihat orang tua selagi itu baik yakinlah bahwa kegagalan adalah kunci dari kesuksesan, jangan mudah menyerah dalam meraih sesuatu yang baik meskipun banyak orang menentangnya;(2) nilai moral meliputi (a) hubungan manusia dengan diri sendiri: jujur, tidak putus asa, menghargai waktu, dan tanggung jawab, (b) hubungan manusia dengan manusia lain dermawan, tolong menolong,setia kawan, (c) hubungan manusia dengan Tuhan-Nya:taat, bersyukur, beribadah, dan tawakal; (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel di kelas XI SMA dilakukan dengan metode Group Investigation (investigasi kelompok) dengan langkah-langkahguru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok, yang terdiri dari dua sampai enam orang dan menjelaskan materi pelajaran kemudian guru juga menjelaskan tugas serta cara mengerjakannya, siswa diberi kesempatan mencari materi sesuai dengan kompetensi dasar pembelajaran yang berupa teori unsur intrinsik dan aspek nilai moral novel, kemudian siswa mendiskusikan hasil pencarian materinya