Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara sikap siswa dalam pembelajaran matematika kurikulum 2013 dengan prestasi belajar matematika pada siswa kelas XI SMK Se-Kecamatan Purworejo tahun ajaran 2016/2017.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Se-Kecamatan Purworejo yang menggunakan Kurikulum 2013 sebanyak 489 anak, dengan sampel sebanyak 56 anak. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengambilan data mengggunakan observasi sistematis dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji z. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas dengan metode Chi Kuadrat dan uji homogenitas dengan uji F.
Hasil analisis korelasi pada α=5% menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sikap belajar dengan prestasi belajar matematika yaitu rxysebesar 0,72.Harga korelasi tersebut menunjukkan adanya hubungan yang positif dengan tingkat hubunga tinggi. Hal ini berarti jika sikap siswa tinggi/ positif maka prestasi belajarnya juga akan meningkat/ positif, begitu juga sebaliknya. Dengan hal tersebut sikap siswa dalam pembelajaran matematika perlu ditingkatkan supaya prestasi belajar siswa juga ikut meningkat.