Browsing by Author "Akhmad Faizin"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
- ItemUpaya peningkatan kemampuan sikap kesetaraan gender melalui pembelajaran berbasis gender sosial inklusi pada siswa kelas v SD Muhammadiyah se-kabupaten Purworej(PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO, 2022-08-02) Akhmad FaizinPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan sikap kesetaraan gender dan perbedaan sikap antara laki-laki dan perempuan melalui pembelajaran berbasis gender sosial inklusi pada peserta didik kelas V SD Muhammadiyah se-kabupaten Purworejo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian mixed ya itu penelitian campuran dan digunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Populasi pada penelitian ini adalah SD Muhammadiyah Purworejo, SD Muhammadiyah Kutoarjo, SD Muhammadiyah Purwodadi, dan SD Muhammadiyah Bruno. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dokumentasi. Analisis kualitatif menggunakan jawaban dari wawancara yang dilaksanakan kepada kepala sekolah dan guru kelas v. Analisis kuantitatif diperoleh melalui penilaian dari hasil observasi yang digunakan menggunakan rubrik skala 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya upaya peningkatan sikap kesetaraan gender di sekolah dasar Muhammadiyah di kabupaten Purworejo yaitu dengan melaksanakan proses pembelajaran yang modern dan menyenangkan ekstrakurikuler dan siswa berprestasi sebagai pendukung kegiatan serta adanya pendampingan kepada siswa yang berkebutuhan khusus dan disesuaikan porsi pembelajarannya. Hasil dari sikap laki-laki yaitu 83,50 interpretasi sangat baik dan sikap siswa perempuan yaitu 80,88 dengan interpretasi sangat baik. Hasil Pengujian Mann Whitney dari nilai sikap siswa laki-laki dan perempuan adalah 0,149 yang dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan antara sikap siswa laki- laki dan perempuan