Repository
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Selamat Datang di Repository Universitas Muhammadiyah Purworejo

Communities in DSpace
Select a community to browse its collections.
Now showing 1 - 2 of 2
Recent Submissions
Item
Pengembangan Media Informatif Dampak Negatif Media Sosial Tiktok bagi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo
(Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-03-18) Faqih Eko Wuriyanto
Media sosial TikTok mengalami peningkatan pengguna yang sangat signifikan di seluruh dunia. Di dunia pengguna media sosial TikTok mencapai 315 juta, di Indonesia mencapai 15 juta pengguna dan menempati urutan ke 2 pengguna terbanyak. Permasalahannya, pengguna media sosial TikTok kurang memahami efek dampak negatif penggunaan media sosial tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media informatif terkait dampak negatif media sosial TikTok dan meningkatkan kelayakan pengembangan media informatif dari segi penilaian pengguna.
Alat dan bahan yang digunakan berupa perangkat keras (Hardware), yaitu Laptop asus vivobook x505z, AMD ryzen 5, HDD 1TB, RAM 8 GB, dan perangkat lunak (Software), yaitu Mango animation, Animeker.com, TTS maker. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan, wawancara, pustaka, dan kuesioner.
Item
Rancang Bangun Alat Pemberi Pakan Ikan dan Monitoring Ph Air Menggunakan Wemos DI RI
(Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-01-05) Mohamad Amin Khawadis
Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi di era industri modern sekarang ini, berbagai macam teknologi banyak bermunculan mulai dari teknologi yang baru ditemukan, sampai teknologi yang terkoneksi dengan jaringan internet atau IoT. Tidak terkecuali dengan hobi seperti memelihara ikan hias dalam akuarium. Misalnya pemberian pakan dan pengecekan kadar pH air pada akuarium. diperlukan sebuah alat otomatis yang dapat memberikan pakan pada ikan sesuai waktu yang dijadwalkan. Selain itu dapat memonitor pH air dalam akuarium. Dan dapat dikendalikan dan dipantau oleh user memalui internet.
Metode yang digunakan dalam rancang bangun alat pemberi pakan ikan otomatis dan monitoring pH air yaitu ada 3 tahapan mulai pengumpulan data-data berupa data observasi dan studi literatur. Kemudian perancangan pembuatan pemodelan dari sistem menggunakan diagram alur dan model skema Wemos D1 dengan menggunakan aplikasi Fritzing dan melakukan pembuatan kode program dengan aplikasi Arduino IDE dan penyesuaian pada aplikasi Blynk pada android. Tahapan terakhir adalah implementasi, melakukan uji coba prototype alat yang telah dibuat dengan melakukan simulasi pengontrolan alat melalui aplikasi Blynk pada smartphone.
Hasil pengujian prototype alat sesuai dengan skenario yang diharapkan. Yaitu bekerjanya alat pemberi pakan sesuai jam yang ditetapkan dan dapat mengetahui jumlah kadar pH air yang terkandung pada akuarium.
Item
Rancang Bangun Alat Pemberi Pakan Ikan dan Monitoring Ph Air Menggunakan Wemos DI RI
(Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-01-05) Mohamad Amin Khawadis
Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi di era industri modern sekarang ini, berbagai macam teknologi banyak bermunculan mulai dari teknologi yang baru ditemukan, sampai teknologi yang terkoneksi dengan jaringan internet atau IoT. Tidak terkecuali dengan hobi seperti memelihara ikan hias dalam akuarium. Misalnya pemberian pakan dan pengecekan kadar pH air pada akuarium. diperlukan sebuah alat otomatis yang dapat memberikan pakan pada ikan sesuai waktu yang dijadwalkan. Selain itu dapat memonitor pH air dalam akuarium. Dan dapat dikendalikan dan dipantau oleh user memalui internet.
Metode yang digunakan dalam rancang bangun alat pemberi pakan ikan otomatis dan monitoring pH air yaitu ada 3 tahapan mulai pengumpulan data-data berupa data observasi dan studi literatur. Kemudian perancangan pembuatan pemodelan dari sistem menggunakan diagram alur dan model skema Wemos D1 dengan menggunakan aplikasi Fritzing dan melakukan pembuatan kode program dengan aplikasi Arduino IDE dan penyesuaian pada aplikasi Blynk pada android. Tahapan terakhir adalah implementasi, melakukan uji coba prototype alat yang telah dibuat dengan melakukan simulasi pengontrolan alat melalui aplikasi Blynk pada smartphone.
Hasil pengujian prototype alat sesuai dengan skenario yang diharapkan. Yaitu bekerjanya alat pemberi pakan sesuai jam yang ditetapkan dan dapat mengetahui jumlah kadar pH air yang terkandung pada akuarium.
Item
Rekayasa Lampu Rumah Otomatis Menggunakan Node MLJ ESP 32 dan Aplikasi Blynk pada Android
(Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-01-08) Mukhtar Mukhlis
Di era 4.0 kemajuan teknologi informasi dalam bidang komputer, robotika, internet dan elektronika semakin berkembang pesat. Seiring perkembangan tersebut kebutuhan suplai energi listrik semakin besar. Saat ini listrik merupakan kebutuhan primer bagi manusia, oleh sebab itu pengguna listrik sangat diperlukan untuk menggunakan listrik secara bijak, dengan cara selalu mematikan perangkat elektronik dan lampu yang tidak terpakai. Selain pemborosan listrik lampu yang menyala 24 jam dapat mengundang pencuri untuk dating. Agar dapat menghemat energi listrik dan mengamankan rumah perlu alat pengendalian lampu rumah untuk memonitoring dan mengendalikan lampu.
Tahapan yang digunakan untuk merancang alat pengendali lampu adalah Analisa kebutuhan yang ada dari kebutuhan pemilik rumah hingga kebutuhan alat yaitu kabel, Relay 2 channel, NodeMCU ESP32, Jumper PCB IC, Adaptor dan cover pelindung alat. Setelah alat dan apa yang dibutuhkan pemilik rumah buat program dengan Arduino serta buat desain jalur alat dengan Fritzing untuk memudahkan dalam merakit alat serta menentukan lokasi alat di tempatkan. Setelah alat selesai dibuat, alat dipasang dipasang dirumah warga untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Hasil pengujian yang dilakukan adalah alat akan mencari jaringan internet secara real-time dengan durasi 2 detik, alat dapat dijalankan dari jarak yang sangat jauh dengan melalui jalur internet. Dengan menyalakan dan mematikan lampu secara tepat waktu, saat ditinggal pergi keluar kota pemilik rumah dapat menghemat energi listrik dibandingkan dengan menyalkan lampu secara terus menerus. Selain menghemat energi listrik dengan menyalakan dan mematukan lampu dengan tepat waktu pemilik rumah menjauhkan rumah dari tindakan pencurian.
Item
Rancang Bangun Sistem Keamanan Lemari Kerja Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Blynk
(Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-01-05) Ilham Cahya Nugraha
Sistem keamanan pada kunci rumah maupun lemari kerja saat ini kebanyakan merupakan sistem keamanan manual berupa gembok atau kunci konvensional. Kejahatan pembobolan gembok dapat terjadi karena gembok yang digunakan tidak memiliki keamanan yang memadai, sehingga mudah dibobol oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, kejahatan pembobolan gembok juga dapat merugikan masyarakat secara umum karena dapat menimbulkan rasa tidak aman dan tidak nyaman bagi masyarakat yang tinggal di sekitar tempat terjadinya kejahatan.Mengatasi permasalahan yang terjadi, maka peneliti membuat sebuah sistem keamanan lemari kerja berbasis android menggunakan aplikasi Blynk untuk akses kendali buka tutup lemari kerja.
Sistem keamanan lemari kerja menggunakan beberapa alat diantaranya solenoid doorlock akan digunakan untuk mengunci dan membuka pintu lemari, microcontroller NodeMCU ESP8266 yang terhubung dengan jaringan internet digunakan untuk mengontrol solenoid doorlock, aplikasi Blynk digunakan sebagai interface untuk mengontrol solenoid doorlock secara remote melalui smartphone yang terhubung internet. Serta terdapat fitur notifikasi yang masuk ke smartphone ketika lemari terbuka atau tertutup.
Hasil pengujian Alpha beta, dengan melibatkan pemilik bengkel dan 10 responeden sebagai subyek penelitian. Hasil pengujian alpha tidak ditemukan masalah, sistem dapat berjalan sesuai dengan fungsinya. Hasil pengujian beta sistem keamanan lemari kerja berbasis android menggunakan aplikasi Blynk adalah pengguna sangat sangat layak digunakan.