Repository logo
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register.Have you forgotten your password?
Repository logo
  • Communities & Collections
  • All of DSpace
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register.Have you forgotten your password?
  1. Home
  2. Browse by Author

Browsing by Author "Alip Yekti Sumarah"

Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
  • No Thumbnail Available
    Item
    Penerapan Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Wujud Zat dan Perubahannya Kelas IV SDN Tlogopragoto
    (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-09-09) Alip Yekti Sumarah
    Penelitian ini bertujuan untuk ; 1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing, 2) Untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa, 3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi wujud zat dan perubahannya di kelas IV SDN Tlogopragoto tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ; 1) Penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dapat dilaksanakan dengan baik, terbukti dari peningkatan nilai persentase keterlaksanaan pembelajaran dari 86% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II, baik untuk guru maupun siswa, 2) Penerapan model ini juga terbukti meningkatkan keaktifan siswa secara signifikan, dengan persentase keaktifan yang awalnya sebesar 35% pada pra siklus meningkat menjadi 77.5% pada siklus II, menunjukkan perbaikan dari kategori rendah menjadi sangat aktif, 3) Penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing meningkatkan hasil belajar siswa pada materi wujud zat dan perubahannya dibuktikan dengan hasil persentase siswa yang mendapatkan nilai diatas KKTP meningkat dari 25% pada tahap pra siklus menjadi 75% pada siklus I dan menjadi 87.5% pada siklus II dengan kategori baik.

DSpace software copyright © 2002-2025 LYRASIS

  • Cookie settings
  • Privacy policy
  • End User Agreement
  • Send Feedback