Repository logo
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register.Have you forgotten your password?
Repository logo
  • Communities & Collections
  • All of DSpace
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register.Have you forgotten your password?
  1. Home
  2. Browse by Author

Browsing by Author "Aprillia Surani"

Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
  • No Thumbnail Available
    Item
    Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Keterampilan Menulis Surat Dinas Siswa Kelas VII A SMP Negeri 27 Purworejo Tahun Akademik 2022/2023
    (Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-07-02) Aprillia Surani
    Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan, (1) pengaruh model project based learning terhadap motivasi belajar siswa, (2) pengaruh model project based learning terhadap keterampilan menulis surat dinas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 27 Purworejo. Sampel penelitian ini berupa kelas VII A (32 siswa) sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII B (31 siswa) sebagai kelompok kontrol. Peneliti menguji kualitas instrumen sebelum menggunakan instrumen untuk lebih lanjut. Peneliti melakukan uji prasyarat analisis data untuk mengetahui data yang dikumpulkan berdistribusi normal (uji normalitas), homogen (uji homogenitas), dan ada tidaknya perbedaan yang signifikan (uji hipotesis). Dari hasil analisis data disimpulkan, (1) terdapat pengaruh model project based learning terhadap motivasi belajar siswa, dengan motivasi sebelum dan sesudah perlakuan mencapai skala 3 menjadi skala 4 dari 4 subvariabel, (2) terdapat pengaruh model project based learning terhadap keterampilan menulis surat dinas, dengan rata-rata kelompok kontrol pretest 71.032 < posttest 73.484 dan rata-rata kelompok eksperimen pretest 66.531 < posttest 75.281. Uji hipotesis Paired Sample T-Test memperoleh thitung (-7.517) > ttabel (-1.6955) dan nilai Sig-(2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05, maka Ha diterima dan Ho ditolak.
  • No Thumbnail Available
    Item
    Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Keterampilan Menulis Surat Dinas Siswa Kelas VII A SMP Negeri 27 Purworejo Tahun Akademik 2022/2023
    (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-07-02) Aprillia Surani
    Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan, (1) pengaruh model project based learning terhadap motivasi belajar siswa, (2) pengaruh model project based learning terhadap keterampilan menulis surat dinas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 27 Purworejo. Sampel penelitian ini berupa kelas VII A (32 siswa) sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII B (31 siswa) sebagai kelompok kontrol. Peneliti menguji kualitas instrumen sebelum menggunakan instrumen untuk lebih lanjut. Peneliti melakukan uji prasyarat analisis data untuk mengetahui data yang dikumpulkan berdistribusi normal (uji normalitas), homogen (uji homogenitas), dan ada tidaknya perbedaan yang signifikan (uji hipotesis). Dari hasil analisis data disimpulkan, (1) terdapat pengaruh model project based learning terhadap motivasi belajar siswa, dengan motivasi sebelum dan sesudah perlakuan mencapai skala 3 menjadi skala 4 dari 4 subvariabel, (2) terdapat pengaruh model project based learning terhadap keterampilan menulis surat dinas, dengan rata-rata kelompok kontrol pretest 71.032 < posttest 73.484 dan rata-rata kelompok eksperimen pretest 66.531 < posttest 75.281. Uji hipotesis Paired Sample T-Test memperoleh thitung (-7.517) > ttabel (-1.6955) dan nilai Sig-(2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05, maka Ha diterima dan Ho ditolak.

DSpace software copyright © 2002-2025 LYRASIS

  • Cookie settings
  • Privacy policy
  • End User Agreement
  • Send Feedback