Repository logo
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register.Have you forgotten your password?
Repository logo
  • Communities & Collections
  • All of DSpace
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register.Have you forgotten your password?
  1. Home
  2. Browse by Author

Browsing by Author "Ayu Nita Prastiwi"

Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
  • No Thumbnail Available
    Item
    Pemanfaata Aplikasi Tiktok Pada Materi Pengukuran dengan Model PBLA Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Peserta Didik
    (Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-04-18) Ayu Nita Prastiwi
    Telah dilakukan penelitian pengembangan media pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan argumentasi pada pembelajaran fisika peserta didik MA kelas X mengenai pokok pengukuran dalam kerja ilmiah. Sebagai subyek penelitian adalah peserta didik kelas X-E MA Negeri Purworejo tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 36 peserta didik. Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ini menggunakan model penelitian ADDIE dengan tahapan Analisis (Analysis), perancangan (Design), pengembangan (Develop), implementasi (Implementation) dan evaluasi (Evaluation). Penelitian ini difokuskan pada penyusunan media pembelajaran fisika berbantuan Aplikasi Tiktok untuk mengukur kemampuan argumentasi peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, angket dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan uji validitas. Tingkat ketercapaian penilaian kemampuan argumentasi ini ditunjukkan oleh persentase yang diperoleh peserta didikuntuk masing-masing aspek yang diukur. Hasil penelitian diperoleh: 1) Media video pembelajaran fisika menggunakan aplikasi tiktok dengan model PBLA valid dilihat dari dua validator, ahli materi mendapat nilai sebesar 3,45, ahli media sebesar 3,58 sehingga dapat dipakai untuk uji coba terbatas dan tahap penerapan. (2) pemanfaatan aplikasi tiktok dengan model PBLA praktis dilihat dari hasil angket respon peserta didik sebesar 85,5%, dan keterlaksanaan modul ajar sebesar 99%. (3) pemanfaatan aplikasi tiktok dengan model PBLA efektif berdasarkan hasil uji coba menggunakan paired sample t-test diperoleh nilai t hitung 0.000 < 0.05, yang artinya terdapat peningkatan keterampilan argumentasi setelah menggunakan media pembelajranfisika dengan aplikasi tiktok. Dengan demikian, media pembelelajaaran fisika yang dikembangka layak (valid, praktis, efektif) digunakan untuk meningkatkan keterampilan argumentasi peserta didik
  • No Thumbnail Available
    Item
    Pemanfaata Aplikasi Tiktok Pada Materi Pengukuran dengan Model PBLA Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Peserta Didik
    (Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-07-21) Ayu Nita Prastiwi
    Telah dilakukan penelitian pengembangan media pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan argumentasi pada pembelajaran fisika peserta didik MA kelas X mengenai pokok pengukuran dalam kerja ilmiah. Sebagai subyek penelitian adalah peserta didik kelas X-E MA Negeri Purworejo tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 36 peserta didik. Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ini menggunakan model penelitian ADDIE dengan tahapan Analisis (Analysis), perancangan (Design), pengembangan (Develop), implementasi (Implementation) dan evaluasi (Evaluation). Penelitian ini difokuskan pada penyusunan media pembelajaran fisika berbantuan Aplikasi Tiktok untuk mengukur kemampuan argumentasi peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, angket dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan uji validitas. Tingkat ketercapaian penilaian kemampuan argumentasi ini ditunjukkan oleh persentase yang diperoleh peserta didikuntuk masing-masing aspek yang diukur. Hasil penelitian diperoleh: 1) Media video pembelajaran fisika menggunakan aplikasi tiktok dengan model PBLA valid dilihat dari dua validator, ahli materi mendapat nilai sebesar 3,45, ahli media sebesar 3,58 sehingga dapat dipakai untuk uji coba terbatas dan tahap penerapan. (2) pemanfaatan aplikasi tiktok dengan model PBLA praktis dilihat dari hasil angket respon peserta didik sebesar 85,5%, dan keterlaksanaan modul ajar sebesar 99%. (3) pemanfaatan aplikasi tiktok dengan model PBLA efektif berdasarkan hasil uji coba menggunakan paired sample t-test diperoleh nilai t hitung 0.000 < 0.05, yang artinya terdapat peningkatan keterampilan argumentasi setelah menggunakan media pembelajranfisika dengan aplikasi tiktok. Dengan demikian, media pembelelajaaran fisika yang dikembangkan layak (valid, praktis, efektif) digunakan untuk meningkatkan keterampilan argumentasi peserta didik

DSpace software copyright © 2002-2025 LYRASIS

  • Cookie settings
  • Privacy policy
  • End User Agreement
  • Send Feedback