Repository logo
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register.Have you forgotten your password?
Repository logo
  • Communities & Collections
  • All of DSpace
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register.Have you forgotten your password?
  1. Home
  2. Browse by Author

Browsing by Author "Catur Windi Safitri"

Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
  • No Thumbnail Available
    Item
    Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software SAC (Smart Apps Creator) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika dan Profil Pelajar Pancasila
    (Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-06-28) Catur Windi Safitri
    Penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan Software SAC (Smart Apps Creator) bertujuan untuk mengetahui kelayakan yang ditinjau dari validitas, kepraktisan, dan keefektifan dari media yang dikembangkan. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran interaktif yang dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika dan profil pelajar pancasila. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 6 Purworejo dengan subjek penelitian pada uji coba terbatas sejumlah 12 peserta didik dan pada tahap uji coba luas sejumlah 36 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar tes pemahaman konsep, lembar angket mandiri profil pelajar pancasila, lembar angket respon peserta didik, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian diperoleh: (1) validitas media pembelajaran interaktif menggunakan Software SAC (Smart Apps Creator) dinyatakan valid. (2) Kepraktisan media yang dilihat dari keterlaksanaan pembelajaran diperoleh rerata persentase sebesar 97,9% dengan kategori sangat baik. (3) keefektifan media pembelajaran interaktif menggunakan Software SAC (Smart Apps Creator) yang dilihat dari pretest-posttest pemahaman konsep fisika diperoleh N-gain sebesar 0,8 yang termasuk kategori tinggi, penilaian hasil respon peserta didik terhadap media yang digunakan diperoleh rerata persentase sebesar 87,4% dengan kategori sangat baik, dan pretest-posttest angket mandiri profil pelajar pancasila diperoleh N-gain sebesar 0,7 yang termasuk kategori sedang. Diperoleh kesimpulan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan Software SAC (Smart Apps Creator) untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika dan profil pelajar pancasila dinyatakan valid, praktis, dan efektif.
  • No Thumbnail Available
    Item
    Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software SAC (Smart Apps Creator) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika dan Profil Pelajar Pancasila
    (Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-08-06) Catur Windi Safitri
    Penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan Software SAC (Smart Apps Creator) bertujuan untuk mengetahui kelayakan yang ditinjau dari validitas, kepraktisan, dan keefektifan dari media yang dikembangkan. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran interaktif yang dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika dan profil pelajar pancasila. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 6 Purworejo dengan subjek penelitian pada uji coba terbatas sejumlah 12 peserta didik dan pada tahap uji coba luas sejumlah 36 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar tes pemahaman konsep, lembar angket mandiri profil pelajar pancasila, lembar angket respon peserta didik, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian diperoleh: (1) validitas media pembelajaran interaktif menggunakan Software SAC (Smart Apps Creator) dinyatakan valid. (2) Kepraktisan media yang dilihat dari keterlaksanaan pembelajaran diperoleh rerata persentase sebesar 97,9% dengan kategori sangat baik. (3) keefektifan media pembelajaran interaktif menggunakan Software SAC (Smart Apps Creator) yang dilihat dari pretest-posttest pemahaman konsep fisika diperoleh N-gain sebesar 0,8 yang termasuk kategori tinggi, penilaian hasil respon peserta didik terhadap media yang digunakan diperoleh rerata persentase sebesar 87,4% dengan kategori sangat baik, dan pretest-posttest angket mandiri profil pelajar pancasila diperoleh N-gain sebesar 0,7 yang termasuk kategori sedang. Diperoleh kesimpulan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan Software SAC (Smart Apps Creator) untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika dan profil pelajar pancasila dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

DSpace software copyright © 2002-2025 LYRASIS

  • Cookie settings
  • Privacy policy
  • End User Agreement
  • Send Feedback