Browsing by Author "Efa Suryana"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
- ItemPeningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model PBL Materi Kubus dan Balok Kelas VI SDN Bener(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2025-02-28) Efa SuryanaPenelitian bertujuan 1) mengetahui model pembelajaran PBL meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VI SDN Bener, 2) mengetahui model pembelajaran PBL meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN Bener. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK dilaksanakan dua siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian pada kelas VI SDN Bener jumlah siswa 23. Pengumpulan data yaitu tes dan observasi. Instrumen dengan lembar observasi dan tes evaluasi. Analisis data menggunakan rerata dan presentase Hasil analisis diperoleh 1) hasil persentase kemampuan berpikir kritis siswa pra siklus 66,96% kategori baru berkembang meningkat 75,65% kategori layak pada siklus I, meningkat 85,48% kategori cakap pada siklus II. Nilai sudah mencapai kriteria keberhasilan yaitu minimal 75% dari jumlah seluruh siswa kriteria kategori cakap. 2) hasil belajar siswa pra siklus 63,74 ketuntasan 26,09%. Rerata hasil belajar siklus I meningkat 68,48 ketuntasan mencapai 34,78% , siklus II meningkat 80,00 ketuntasan 80,95% kriteria keberhasilan tercapai ≥75% . Jadi, model PBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa di kelas VI SDN Bener .