Browsing by Author "Nur Alfiah"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
- ItemAnalisis Kemampuan Literasi Sains Pada Materi Mengubah Bentuk Energi di Kelas IV Sekolah Dasar(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-07-26) Nur AlfiahPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi sains pada materi mengubah bentuk energi di kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, Subjek penelitian yaitu murid kelas IV SD N Keseneng tahun Pelajaran 2023/2024 dengan jumlah murid yaitu 23 murid yang diambil sampel 6 murid. Teknik yang digunakan untuk memilih sampel adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, pedoman wawancara, dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan model Miles and Huberman, yang terdiri dari 1) data collection; 2) data reduction; 3) data display; 4) conclusion drawing. Hasil dari penelitian mengenai analisis kemampuan literasi sains terdapat 3 kategori dalam menentukan hasil kemampuan literasi sains murid yaitu kategori tinggi, sedang, dan rendah. Kategori ini dihasilkan dari Nilai Asesmen Tengah Semester materi IPAS. Setelah mendapatkan kategori, murid dianalisis berdasarkan 4 kriteria, yaitu mahir, cakap, dasar, dan perlu intervensi khusus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains kelas IV SD N Keseneng berada pada tingkat kompetensi mahir, cakap, dan dasar. Murid dengan kemampuan literasi sains pada tingkat kompetensi mahir, mampu memahami indikator-indikator pada aspek konten, proses, konteks, dan menunjukkan sikap yang positif. Murid dengan kemampuan literasi sains pada tingkat kompetensi cakap, mampu memahami indikator-indikator pada aspek konten, dan menunjukkan sikap yang positif. Hanya saja respon dari murid pada aspek proses atau pada aspek konteks belum memenuhi indikator. Murid dengan kemampuan literasi sains pada tingkat kompetensi dasar, belum mampu memahami indikator-indikator pada aspek konten dan aspek konteks pada materi mengubah bentuk energi.