Repository logo
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register.Have you forgotten your password?
Repository logo
  • Communities & Collections
  • All of DSpace
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register.Have you forgotten your password?
  1. Home
  2. Browse by Author

Browsing by Author "Riska Wulandari"

Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
  • No Thumbnail Available
    Item
    Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Kearifan Lokal Permainan Tradisional Egrang untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik
    (Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-06-14) Riska Wulandari
    Penelitian pengembangan e-modul berbasis kearifan lokal bertujuan untuk mengetahui kelayakan yang ditinjau dari validitas, praktikalitas, dan efektivitas dari e-modul yang dikembangkan. Penelitian ini menghasilkan e-modul berbasis kearifan lokal yang dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 11 Purworejo dengan subjek penelitian pada uji coba terbatas berjumlah 5 peserta didik dan pada tahap penerapan berjumlah 35 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar soal pre-test dan post-test, lembar angket respon peserta didik, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, dan lembar keterlaksanaan modul ajar. Teknik analisis data secara kuantitatif, N-gain, dan uji t-test. Hasil penelitian diperoleh: 1) e-modul berbasis kearifan lokal valid dilihat dari tiga validator, ahli materi mendapat nilai Aiken V sebesar 0,89, ahli media sebesar 0,87, ahli Guru Fisika sebesar 0,89 sehingga dapat dipakai untuk uji coba terbatas dan tahap penerapan. (2) E-modul berbasis kearifan lokal permainan tradisional egrang dengan model contextual teaching and learning praktis dilihat dari hasil angket respon peserta didik sebesar 96%, pengamatan aktivitas peserta didik sebesar 100%, dan keterlaksanaan modul ajar sebesar 96%. (3) E-modul berbasis kearifan lokal permainan tradisional egrang efektif berdasarkan hasil uji coba menggunakan paired sample t-test diperoleh nilai thitung 0.000 < 0.05, yang artinya terdapat peningkatan pemahaman konsep peserta didik setelah menggunakan E-modul berbasis kearifan lokal permainan tradisional egrang. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa E-modul berbasis kearifan lokal yang dikembangkan layak (valid, praktis, efektif) digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik serta sebagai alternatif bahan ajar.
  • No Thumbnail Available
    Item
    Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Kearifan Lokal Permainan Tradisional Egrang untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik
    (Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-08-09) Riska Wulandari
    Penelitian pengembangan e-modul berbasis kearifan lokal bertujuan untuk mengetahui kelayakan yang ditinjau dari validitas, praktikalitas, dan efektivitas dari e-modul yang dikembangkan. Penelitian ini menghasilkan e-modul berbasis kearifan lokal yang dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 11 Purworejo dengan subjek penelitian pada uji coba terbatas berjumlah 5 peserta didik dan pada tahap penerapan berjumlah 35 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar soal pre-test dan post-test, lembar angket respon peserta didik, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, dan lembar keterlaksanaan modul ajar. Teknik analisis data secara kuantitatif, N-gain, dan uji t-test. Hasil penelitian diperoleh: 1) e-modul berbasis kearifan lokal valid dilihat dari tiga validator, ahli materi mendapat nilai Aiken V sebesar 0,89, ahli media sebesar 0,87, ahli Guru Fisika sebesar 0,89 sehingga dapat dipakai untuk uji coba terbatas dan tahap penerapan. (2) E-modul berbasis kearifan lokal permainan tradisional egrang dengan model contextual teaching and learning praktis dilihat dari hasil angket respon peserta didik sebesar 96%, pengamatan aktivitas peserta didik sebesar 100%, dan keterlaksanaan modul ajar sebesar 96%. (3) E-modul berbasis kearifan lokal permainan tradisional egrang efektif berdasarkan hasil uji coba menggunakan paired sample t-test diperoleh nilai thitung 0.000 < 0.05, yang artinya terdapat peningkatan pemahaman konsep peserta didik setelah menggunakan E-modul berbasis kearifan lokal permainan tradisional egrang. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa E-modul berbasis kearifan lokal yang dikembangkan layak (valid, praktis, efektif) digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik serta sebagai alternatif bahan ajar.

DSpace software copyright © 2002-2025 LYRASIS

  • Cookie settings
  • Privacy policy
  • End User Agreement
  • Send Feedback