Browsing by Author "Risma Yulianty"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
- ItemAnalisis Keterampilan Proses Sains Murid Kelas V Pada Materi Magnet di SD Muhammadiyah Bayan(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-06-11) Risma YuliantyKurikulum merdeka saat ini mengajak guru untuk meningkatkan pendidikan yang lebih baik. Namun guru belum sepenuhnya menerapkan metode pembelajaran pada murid di sekolah, salah satunya keterampilan proses sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis keterampilan proses sains murid kelas V pada materi magnet di SD Muhammadiyah Bayan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan desain penelitian histori. Subjek penelitian yaitu murid kelas VB SD Muhammadiyah Bayan tahun pelajaran 2023/2024 dengan jumlah murid yaitu 20 murid yang diambil sampel yaitu 6 murid. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan desain historis. Sumber data dalam penelitian ini yaitu ada dua yakni sumber primer dan sumber sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan triangulasi yakni triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil dari penelitian analisis keterampilan proses sains di SD Muhammadiyah Bayan yaitu terdapat 3 kategori dalam menentukan hasil keterampilan proses murid yaitu kategori tinggi, sedang, dan rendah. Kategori ini dihasilkan dari nilai tes keterampilan proses sains materi percobaan membuat magnet buatan. Setelah mendapatkan kategori, murid dianalisis berdasarkan 4 kriteria yaitu mahir, cakap, layak, dan mulai berkembang. Hasil analisis keterampilan proses sains murid kelas V SD Muhammadiyah Bayan yaitu keseluruhan murid termasuk ke dalam kriteria layak dalam keterampilan proses sainsnya. Hal tersebut didapatkan dari hasil menjumlahkan semua kriteria murid.