Repository logo
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register.Have you forgotten your password?
Repository logo
  • Communities & Collections
  • All of DSpace
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register.Have you forgotten your password?
  1. Home
  2. Browse by Author

Browsing by Author "Tiara Dwi Damayanti"

Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
  • No Thumbnail Available
    Item
    Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Bagian-bagian Bumi Kelas V Di SD Muhammadiyah Purwodadi
    (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2025-02-17) Tiara Dwi Damayanti
    Tujuan penelitian ini, yaitu: 1) Menghasilkan produk berupa media pembelajaran monopoli pada mata pelajaran IPA materi bagian-bagian bumi kelas V di SD Muhammadiyah Purwodadi, 2) Mengetahui kelayakan produk media pembelajaran monopoli pada mata pelajaran IPA materi bagian-bagian bumi kelas V di SD Muhammadiyah Purwodadi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu Analyze, Design, Delelopment, Implementation, dan Evaluation. Tempat penelitian di SD Muhammadiyah Purwodadi. Subjek penelitian adalah murid kelas V Al-Mu’min SD Muhammadiyah Purwodadi tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 26 murid. Teknik pengumpulan data atau instrumen yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, dan tes. Instrumen tes terdiri dari pretest dan posttest yang digunakan untuk mengetahui keefektifan produk. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kelayakan, analisis kepraktisan, dan analisis keefektifan. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Menghasilkan produk berupa Media Pembelajaran Monopoli Pada Mata Pelajaran IPA Materi Bagian-bagian Bumi Kelas V Di SD Muhammadiyah Purwodadi; 2) Kelayakan produk meliputi kevalidan, kepraktisan dan keefektifan yaitu sebagai berikut: a) Kevalidan produk memperoleh rata-rata persentase 92,5% dengan kriteria “sangat layak”. Kepraktisan produk memperoleh rata-rata persentase 85,96% dengan kriteria “sangat praktis”. Keefektifan memperoleh rata-rata persentase 73,15% dengan kriteria “efektif”. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran monopoli pada mata pelajaran IPA materi bagian-bagian bumi kelas V di SD Muhammadiyah Purwodadi layak digunakan di Sekolah Dasar.

DSpace software copyright © 2002-2025 LYRASIS

  • Cookie settings
  • Privacy policy
  • End User Agreement
  • Send Feedback