Repository logo
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register.Have you forgotten your password?
Repository logo
  • Communities & Collections
  • All of DSpace
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register.Have you forgotten your password?
  1. Home
  2. Browse by Author

Browsing by Author "WENDHA SUSARI"

Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
  • No Thumbnail Available
    Item
    Pengaruh Teman Sebaya, Self Control dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Berbelanja Online Pada Siswa SMA Negeri 1 Binangun
    (Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2022-08-10) WENDHA SUSARI
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dan signifikan antara teman sebaya, self control dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif berbelanja online pada siswa SMA Negeri 1 Binangun baik secara sendiri maupun bersama-sama. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Binangun dengan jumlah 107 siswa, pengambilan sampel secara random sampling, penentuan sampel menggunakan tabel Issac dan Michel dengan taraf kesalahan 5% maka jumlah sampelnya 86 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode angket dengan skala likert yang masing-masing diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas dengan data analisis deskriptif dan analisis kuantitatif pada uji t, uji F, uji korelasi ganda dan uji regresi ganda. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa teman sebaya berada pada kategori tinggi (66.28%), self control berada pada kategori tinggi (45,35%), literasi keuangan berada pada kategori cukup (40,70%) dan variabel perilaku konsumtif berbelanja online berada pada kategori cukup (44,19%). Hasil analisis kuantitatif menunjukan pada pengaruh yang positif dan signifikan antara teman sebaya terhadap perilaku konsumtif berbelanja online sebesar -12,70% (rx1y= 0,225, thitung= 2.091, sig 0,040<0,05). Ada pengaruh yang negatif dan signifikan antara self control terhadap perilaku konsumtif berbelanja online sebesar 16,88%, (rx2y= -0,299, thitung= -2.833 sig 0,006<0,05). Ada pengaruh yang negatif dan signifikan antara literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif berbelanja online sebesar 21,22% (rx3y= -0,376, thitung= -3.675 sig 0,000<0,05). Ada pengaruh dan signifikan antara teman sebaya, self control dan literasi keuangan secara bersama-sama terhadap perilaku konsumtif berbelanja online sebesar 25,40% (R= 0,504 nilai Fhitung= 9.295 sig 0,000 < 0,05). Sedangkan 74,60% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

DSpace software copyright © 2002-2025 LYRASIS

  • Cookie settings
  • Privacy policy
  • End User Agreement
  • Send Feedback