Repository logo
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register.Have you forgotten your password?
Repository logo
  • Communities & Collections
  • All of DSpace
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register.Have you forgotten your password?
  1. Home
  2. Browse by Author

Browsing by Author "Winda Pujianti"

Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
  • No Thumbnail Available
    Item
    Analisis Dimensi Bernalar Kritis dalam Profil Pelajar Pancasila Materi Hak dan Kewajiban Kleas IV di SD
    (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-08-12) Winda Pujianti
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis dimensi bernalar kritis murid dalam profil pelajar Pancasila materi hak dan kewajiban kelas IV di SD Negeri 1 Adimulyo. Subjek penelitian ini adalah murid kelas IV di SD Negeri 1 Adimulyo yang berjumlah 14 murid. Objek penelitian ini adalah kemampuan bernalar kritis murid. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan wawancara. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini ditinjau dari hasil tes, murid memiliki kemampuan bernalar kritis dengan kategori sangat mahir, mahir, sudah berkembang, dan mulai berkembang. Adapun dapat dijelaskan sebagai berikut, indikator kemampuan memperoleh informasi dan memproses gagasan dengan uraian mampu memenuhi indikator pada kategori mulai berkembang dan belum memenuhi indikator pada kategori sangat mahir, mahir, dan sudah berkembang. Indikator menganalisis dan mengevaluasi penalaran dengan uraian mampu memenuhi indikator pada kategori sangat mahir, mahir, dan sudah berkembang. Indikator menganalisis dan mengevaluasi penalaran belum memenuhi indikator pada kategori mulai berkembang. Indikator merefleksi pemikiran dan proses berpikir dengan uraian mampu memenuhi indikator sangat mahir, mahir dan sudah berkembang. Indikator merefleksi pemikiran dan proses berpikir belum memenuhi indikator pada kategori mulai berkembang.

DSpace software copyright © 2002-2025 LYRASIS

  • Cookie settings
  • Privacy policy
  • End User Agreement
  • Send Feedback