Browsing by Author "Aam Setiadi"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
- ItemEvaluasi Penggunaan Media pembelajaran Trainer Kelistrikan Sepeda Motor Honda Verza Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII SMK BINA ESSA BANDUNG BARAT(Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-06-04) Aam SetiadiPenelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran trainer kelistrikan siswa Kelas XII TBSM SMK BINA ESSA BANDUNG BARAT, 2) Mendeskripsikan tahap pengembangan media pembelajaran trainer kelistrikan siswa Kelas XII TBSM SMK BINA ESSA BANDUNG BARAT, 3) Mengetahui kelayakan media pembelajaran trainer kelistrikan siswa Kelas XII TBSM SMK BINA ESSA BANDUNG BARAT, dan 4) Mengetahui peningkatan hasil belajar sistem kelistrikan sepeda motor siswa kelas XII TBSM SMK BINA ESSA BANDUNG BARAT setelah menggunakan media pembelajaran trainer kelistrikan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Teknik dan Bisnis Sepeda Motor. Kelas XII TBSM sebagai kelas eksperimen dan kelas XII TBSM sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner dan soal tes. Analisis data menggunakan uji beda (uji t). Hasil penelitian menunjukkan 1) Proses pembuatan media pembelajaran sistem berupa trainer kelistrikan dan berdasarkan analisis masalah dan disesuaikan dengan kebutuhan sehingga diharapkan membentuk suatu media yang siap pakai, 2) Tahap pengembangan media pembelajaran trainer kelistrikan telah meliputi pencarian potensi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, pengujian produk, uji coba pemakaian dan revisi produk, 3) Hasil validasi produk oleh ahli materi maupun ahli media, uji coba kelompok kecil dan uji coba pemakaian produk menunjukkan produk layak digunakan sebagai media pembelajaran, 4) Hasil uji beda membuktikan bahwa media pembelajaran yang dibuat efektif untuk meningkatkan prestasi belajar (thitung = 5,131 dan p=0,000) Media pembelajaran dapat digunakan dalam pembelajaran sebagai media untuk meningkatkan hasil belajar karena dalam ujicoba kelompok besar dengan jumlah siswa 40 orang dibuktikan memiliki rata-rata prestasi belajar 82,63 lebih tinggi daripada rata-rata kelas kontrol 73,00.